Prabowo Subianto

HomeOlahragaKetum KONI Pusat Buka Resmi CdM II PON XXI 2024 di wilayah...

Ketum KONI Pusat Buka Resmi CdM II PON XXI 2024 di wilayah Sumut

Chef de Mission (CdM) Meeting II Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara Tahun 2024 wilayah Sumatera Utara resmi dibuka oleh Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman pada 24 Juni 2024 di Hotel Santika Dyandra, Kota Medan.

Dalam sambutannya, Marciano memaparkan arahan Presiden RI Joko Widodo saat memimpin Rapat Terbatas (Ratas) pada 13 Juni 2024 terkait PON XXI Aceh-Sumut 2024.

“Pekan Olahraga Nasional XXI tahun 2024 di Aceh Sumatera Utara tetap dilaksanakan sesuai agenda yang telah ditentukan yaitu dibuka tanggal 8 September di Banda Aceh dan ditutup 20 September di Sumatera Utara,” ujar Ketum KONI Pusat menjelaskan arahan Presiden RI setelah menerima laporan dari berbagai pihak terkait.

Terkait jadwal, Ketum KONI Pusat memerintahkan agar seluruh venue rampung pada bulan Juli dan paling lambat acara uji coba (Test Event) dapat dilaksanakan pada bulan Agustus.

Menyikapi arahan Presiden RI tersebut, KONI Pusat selaku penyelenggara mengajak untuk mematangkan persiapan dan meminta setiap ketua Kontingen Provinsi yang hadir untuk melakukan sosialisasi di wilayah masing-masing. Seluruh informasi harus diperoleh selama CdM Meeting II, yang dimulai di Kota Medan dan dilanjutkan di Kota Banda Aceh.

“Oleh karena itu, malam ini hingga besok sebelum kita berangkat ke Aceh, saya berharap komunikasi yang sangat baik antara seluruh pimpinan Kontingen dari 38 provinsi dan dari Ibu Kota Negara (IKN) untuk memanfaatkan kesempatan CdM Meeting kedua ini,” pesannya.

“Kesiapan PON XXI harus benar-benar diberikan kepada anggota Kontingen yang akan berangkat ke Sumatera Utara maupun ke Aceh,” tambahnya.

Wakil Ketua KONI Provinsi Gorontalo, Ridwan Bobihoe, hadir dalam CdM Meeting II PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024 yang diadakan di Medan, Sumatera Utara.

Ketua Umum KONI Pusat berharap PON XXI Aceh-Sumut 2024 sukses dalam penyelenggaraan, administrasi, perekonomian, dan juga mampu meraih prestasi. “Atlet juara PON akan mewakili Indonesia dalam berbagai event internasional,” tegasnya.

Plt. Gubernur Sumatera Utara Dr. Drs. H. Agus Fatoni, M.Si, yang diwakili oleh Kadispora Baharuddin Siagian, hadir dalam pembukaan CdM Meeting II PON XXI di Sumatera Utara.

“Ini merupakan kehormatan dan tanggung jawab bersama kita semua untuk menyelenggarakan acara ini dengan baik dan hormat,” ujar sambutan Agus Fatoni yang dibacakan.

“Kami ingin menjadi tuan rumah yang terbaik dalam melayani seluruh peserta, ” katanya berkomitmen untuk membuat PON XXI menjadi sebuah acara yang tak terlupakan dan tak tertandingi.

“Dengan keindahan alam dan keanekaragaman budaya yang dimiliki, Sumatera Utara memiliki potensi wisata yang sangat luar biasa seperti Danau Toba, Bukit Lawang, serta Berastagi hingga Pulau Nias,” katanya menyinggung potensi pariwisata olahraga dan industri olahraga.

Sumatera Utara akan menyelenggarakan 34 cabang olahraga dengan 46 disiplin, 527 nomor pertandingan di 37 venue yang tersebar di 10 kabupaten/kota antara lain Kota Binjai, Kota Medan, Kabupaten Langkat, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Serdang Bedagai, Kota Pematang Siantar, Kabupaten Toba, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Karo, dan Kabupaten Samosir.

Sebanyak 6.281 atlet, 3.142 official, dan sekitar 5.600 panitia pelaksana akan terlibat dalam perhelatan tersebut.

Source link