Prabowo Subianto

HomeOtomotifChangan, Huawei, dan CATL rilis Avatr 15 untuk saingi Tesla Model Y

Changan, Huawei, dan CATL rilis Avatr 15 untuk saingi Tesla Model Y

SUV Crossover dengan energi baru, Avatr 15, yang dibuat oleh perusahaan gabungan Changan, Huawei, dan CATL, resmi diperkenalkan di China, dan mobil ini akan masuk ke pasar Tiongkok pada paruh kedua 2024 untuk bersaing dengan Tesla Model Y.

Avatr 15 akan hadir dalam varian EREV (Kendaraan Energi Baru) dan EV (Kendaraan Listrik). Ini adalah crossover fastback dengan gaya ramping dan fitur canggih.

Awalnya, Avatr didirikan pada tahun 2018 sebagai proyek bersama antara Changan dan startup China terkenal, Nio. Namun, Nio kemudian keluar dari kemitraan tersebut karena alasan keuangan, dan CATL menggantikannya dalam proyek ini.

Changan memiliki 40 persen saham, sementara CATL memiliki lebih dari 17 persen. Huawei bertindak sebagai pemasok utama dalam proyek ini. Saat ini, Avatr memiliki dua model, yaitu 11 SUV dan 12 hatchback, dan pada tahun ini akan diluncurkan Avatr 15.

Avatr 15 mengikuti desain khas merek ini, dengan lampu LED dua tingkat di bagian depan dan asupan udara aktif di bagian bawah bumper. Mobil ini juga dilengkapi dengan kamera sebagai pengganti spion, serta gagang pintu yang dapat ditarik.

Avatr 15 akan menjadi salah satu pesaing Tesla Model Y, dengan ukuran SUV sedang sekitar 4.750 mm. Mobil ini akan tersedia dalam varian hibrida dan listrik. Saingan lainnya dari Avatr 15 adalah Xpeng G6, BYD Song Plus, dan BYD Sea Lion 07 yang akan datang.

Avatr juga telah mengumumkan rencana untuk memasuki pasar luar negeri, dengan Thailand sebagai pasar awal. Pasar utama lainnya di masa depan termasuk Asia Tengah, Afrika Utara, Amerika Selatan, Timur Tengah, Asia Tenggara, Uni Eropa, dan NA.

Penulis: Pamela Sakina
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024

Source link