Prabowo Subianto

HomeOlahragaWahyudin; Sukses Zaskia Bukti Pentingnya Pembinaan Olahraga Usia Dini

Wahyudin; Sukses Zaskia Bukti Pentingnya Pembinaan Olahraga Usia Dini

TATIYE.ID (OLAH RAGA) – Kembali mencatat prestasi di tingkat internasional, karateka yang dilatih di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Gorontalo, Zaskia Putri mendapat pujian dari Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Gorontalo, Wahyudin Katili. Menurutnya, keberhasilan atlet yang dilatih oleh pelatih Ricky Dama dan Ferry Dama ini adalah hasil dari ketekunan dan semangat besar selama latihan.

“Alhamdulillah ini adalah pencapaian yang cukup bagus bagi atlet PPLP Gorontalo, di bawah arahan pelatih Ricky dan Fery Dama, Zaskia sudah beberapa kali menjadi juara baik di tingkat nasional maupun internasional,” pujian Kadispora saat diminta pernyataannya oleh media terkait keberhasilan salah satu atlet karate PPLP Gorontalo, Senin (29/4/2024).

Wahyudin juga menambahkan, pentingnya pembinaan sejak usia dini karena proses pembinaan akan lebih efektif daripada merekrut atau melatih atlet di usia SMA atau lebih tua.

“Zaskia ini merupakan atlet yang dilatih sejak usia dini, dan ini adalah bukti bahwa pembinaan sejak usia SD, SMP sangat penting sehingga mereka (atlet) memiliki waktu yang cukup lama untuk berlatih,” ungkap Wahyudin Katili.

“Dan Zaskia masih memiliki waktu tiga tahun ke depan untuk terus meraih prestasi baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional, insyaAllah. Oleh karena itu, prestasi ini harus terus dijaga dan ditingkatkan,” tambahnya.

Terakhir, Wahyudin Katili mengingatkan agar setiap atlet dari cabang olahraga yang dilatih di PPLP Gorontalo dapat menjadi contoh bagi semua atlet dari berbagai cabang olahraga yang ada di PPLP Gorontalo.

“Bagi pelatih dari cabang olahraga yang dilatih di PPLP, salah satu kunci untuk meraih prestasi adalah melibatkan atlet sejak usia dini, bukan baru mengikutinya di SMA, tapi sejak SD atau SMP,” tegasnya.

“Meskipun terdapat keterbatasan dalam hal anggaran, terutama dari APBN, namun dengan adanya dukungan anggaran dari APBD, kita dapat membuat kebijakan yang mendukung pembinaan prestasi di PPLP Gorontalo,” jelas Kadispora Provinsi Gorontalo.

Sementara itu, pelatih karate yang sudah lebih dari 10 tahun membimbing atlet-atlet karate di PPLP Gorontalo berharap semua anak asuhannya dapat meraih prestasi di berbagai acara baik lokal, regional, nasional hingga internasional seperti yang telah diraih oleh Zaskia dan atlet-atlet karate PPLP Gorontalo sebelumnya.

“Harapannya adalah agar karateka yang dilatih di PPLP Gorontalo dapat meraih prestasi seperti yang telah diraih oleh Zaskia saat ini,” harapnya. (*)

Source link