Prabowo Subianto

HomeBeritaRusia Berkeinginan untuk Meningkatkan Kerja Sama Intensif dengan Korea Utara di Segala...

Rusia Berkeinginan untuk Meningkatkan Kerja Sama Intensif dengan Korea Utara di Segala Aspek

Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri) bertemu di Rusia pada 13 September 2023.

MOSKOW – Rusia berencana membangun hubungan yang lebih dekat dengan Korea Utara di semua bidang. Pernyataan ini disampaikan setelah Korea Selatan, Jepang, dan Amerika Serikat mengecam pengiriman senjata dan amunisi dari Korea Utara ke Rusia.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan bahwa laporan-laporan semacam itu tidak berdasar dan tidak ada informasi yang spesifik. Menurutnya, laporan semacam itu sudah lama ada dan tidak perlu diberikan komentar.

Peskov juga menambahkan bahwa Korea Utara adalah tetangga Rusia, dan mereka berencana untuk terus mengembangkan hubungan dekat di semua bidang.

Ketika ditanya mengenai pengiriman senjata, Peskov tidak memberikan komentar.

Pada bulan September lalu, Kim Jong Un dan Vladimir Putin bertemu di Rusia. Dalam pertemuan tersebut, mereka membahas masalah militer, perang di Ukraina, dan kemungkinan bantuan Rusia untuk program satelit Korea Utara.

Amerika Serikat dan sekutunya mengungkapkan kekhawatiran bahwa Kim bisa memberikan senjata dan amunisi kepada Rusia yang telah menghabiskan banyak persediaan mereka selama perang di Ukraina selama 20 bulan.

Sumber: Republika