Prabowo Subianto

Survei: 73.3% Masyarakat Mendukung Pembentukan Koalisi KIM Plus

Jakarta - Sebuah survei terbaru yang dilakukan oleh Indikator antara tanggal 22 hingga 29 September 2024 menemukan bahwa 73,3% masyarakat Indonesia mendukung pembentukan Koalisi...
HomeTeknologiArti Warna Lingkaran di HP Samsung Hijau, Tosca dan Biru

Arti Warna Lingkaran di HP Samsung Hijau, Tosca dan Biru

Arti warna lingkaran di HP Samsung menandakan status pengisian daya. Samsung menampilkan indikator lingkaran warna ketika ponsel melakukan pengisian daya. Animasi warna tersebut menampilkan informasi yang berbeda.

Warna yang tertera mulai hijau, tosca hingga biru yang menandakan seberapa cepat pengisian daya pada ponsel dengan fitur fast charging saat mengecas. Selain itu, terdapat logo petir ketika ponsel sedang dicas.

Arti Warna Lingkaran di HP Samsung Ketika Mengisi Daya

Berikut ini penjelasan arti warna lingkaran saat mengecas HP Samsung. Indikator yang berbeda ini sesuai dengan teknologi charging dan kapasitas pada ponsel tersebut.

Kemudahan perangkat yang menggunakan indikator ini tentunya sudah menjalankan antarmuka OneUI 5.1.

Lingkaran Hijau

Lingkaran hijau saat mengecas HP Samsung menandakan jika ponsel tersebut melakukan pengisian daya normal dengan kondisi arus listrik yang masuk ke baterai stabil. Pengisian tersebut sesuai standar dan berjalan lancar. Maka dari itu, biarkan charger dan HP terhubung hingga lingkaran berwarna hijau penuh.

Indikator warna hijau ini juga menandakan jika ponsel menggunakan teknologi fast charging 15 Watt saat melakukan pengisian daya. Biasanya indikator dengan warna hijau ini dengan tambahan ikon satu petir. Waktu pengisian daya untuk ponsel berkapasitas 5.000 mAh biasanya membutuhkan 2,5 jam untuk pengisian 0 hingga 100%.

Lingkaran Tosca

Pada saat mengisi daya di HP Samsung, terdapat lingkaran warna tosca yang memiliki arti pengisian daya cepat. Arus listrik yang mengalir melebihi pengisian normal atau lebih besar. Hal tersebut membuat pengisian lebih cepat. Fast charging pada HP membuat proses pengisian lebih cepat. Akan tetapi hal tersebut dapat meningkatkan panas baterai, sebaiknya hindari penggunaan HP ketika sedang melakukan pengisian daya menggunakan fast charging. Apabila saat mengecas lingkaran berubah menjadi tosca disertai dua ikon petir, artinya ponsel menggunakan SuperFast Charging 25 Watt saat mengisi daya. Biasanya teknologi ini tersedia untuk perangkat kelas menengah ke atas. Untuk baterai 5.000 mAh biasanya memerlukan waktu pengisian 80-100 menit.
Lingkaran Biru

Arti warna lingkaran di HP Samsung saat mengisi daya yang menunjukkan biru dengan dua ikon petir, menandakan jika ponsel melakukan pengisian daya adaptif. Untuk kondisi arus listrik ke dalam baterai sesuai dengan kondisi baterai dan kebutuhan. Pengisian daya adaptif ini dapat membantu memperpanjang usia pakai baterai. Selain itu, dapat mencegah terjadinya kerusakan akibat overcharging. Indikator lingkaran biru dengan ikon dua petir menunjukkan jika pengisian daya menggunakan Super Fast Charging 2.0 (45 watt). Teknologi Super Fast Charging ini tersedia untuk perangkat kelas flagship, seperti Samsung Galaxy S24 Ultra dan Galaxy S23 Ultra. Kemudian untuk super fast charging yang hanya menunjukkan satu logo petir, artinya fitur fast charging belum aktif. Sehingga, pengguna harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu di menu Settings atau Pengaturan. Apabila kapasitas baterai Samsung 5.000 mAh, maka akan terisi penuh 50-60 menit menggunakan pengisian daya 45 watt. Meskipun ponsel sudah mendukung pengisian daya 45W, namun kecepatan aktual bervariasi. Kecepatan pengisian daya ini tergantung model ponsel, kabel dan adapter yang dipakai. Selain itu, faktor yang mempengaruhi kecepatan pengisian daya turun menjadi mode standar 15W karena ponsel terdeteksi pada kondisi tertentu. Sehingga perlu melakukan pengurangan kecepatan pengisian, misalnya saja karena suhu baterai terlalu panas.

Cara Mengecek Fitur Fast Charging

Samsung secara default telah mengaktifkan fitur fast charging di ponselnya. Namun, pengguna dapat menonaktifkan melalui Pengaturan pada ponsel. Apabila fitur ini dinonaktifkan, maka kecepatan pengisian daya secara signifikan dapat turun. Maka dari itu, periksa pengaturan apakah fitur ini sudah aktif. Sehingga bisa melakukan pengisian cepat sesuai kemampuan perangkat secara optimal. Cara Mengecek apakah fitur pengisian cepat sudah aktif apa belum adalah sebagai berikut:

Buka menu Settings atau Pengaturan
Klik Battery
Kemudian tekan Charging Settings
Langkah berikutnya cek pada menu Fast Charging, maka akan terlihat apakah fitur tersebut sudah aktif atau belum.

Arti warna lingkaran di HP Samsung mempunyai makna berbeda yang memberikan informasi terkait status pengisian daya. Sehingga penting untuk memahaminya agar dapat mengoptimalkan proses pengisian daya. Bahkan dapat menjaga kesehatan baterai pada HP Samsung.

Source link