Prabowo Subianto

HomeTeknologiFitur Undo Delete Telegram, Solusi Mudah Kembalikan Pesan Dihapus

Fitur Undo Delete Telegram, Solusi Mudah Kembalikan Pesan Dihapus

Fitur undo delete Telegram akan mempermudah dalam proses pengembalian pesan yang telah hilang atau dihapus. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi, apabila secara tidak sengaja menghapus suatu pesan penting. Lantaran persoalan tersebut bisa terselesaikan dengan memanfaatkan fitur Telegram satu ini.

Mau tahu bagaimana caranya? Yuk, langsung saja kita ikuti panduan langkah-langkah di bawah ini.

Fitur Undo Delete Telegram, Cara Pintas Pulihkan Pesan

Seperti masyarakat ketahui, Telegram telah menjadi bagian dari aplikasi pengiriman pesan terpopuler di dunia selama beberapa periode terakhir. Eksistensi Telegram pun semakin terkenal karena fitur privasi serta fleksibilitasnya yang tinggi.

Dengan jaringan yang meluas menjadikan pengguna Telegram sering kali bergantung pada aplikasi ini untuk komunikasi sehari-hari, bahkan profesional sekalipun. Namun, bagaimana jika salah satu obrolan terutama yang paling penting tidak sengaja terhapus?

Apa langkah yang harus kita lakukan? Apakah pasrah saja? Tentu, jawabannya tidak. Sebab, Anda bisa memanfaatkan fitur undo delete Telegram untuk memulihkannya. Fitur ini adalah yang paling gampang, namun memiliki keterbatasan waktu.

Selain fitur undo delete, Anda juga bisa menggunakan beberapa alternatif lain. Untuk itu, kali ini kita akan bahas apa saja cara serta langkah dalam melakukan pemulihan pesan yang Anda hapus. Simak seksama paparan petunjuk di bawah ini ya.

Gunakan Fitur Undo Delete

Pertama, ketika Anda tidak sengaja memencet opsi “Hapus” untuk sebuah room chat, segeralah ketuk tombol “Batalkan” yang akan muncul otomatis pada bagian bawah layar.

Cara ini merupakan jendela kesempatan singkat yang ditawarkan oleh Telegram. Lantaran waktu fitur undo delete yang terbatas, yakni hanya 5 detik saja.

Sehingga setelah pesan terhapus, Anda harus dengan cepat menekan opsi “Batal”. Kemudian nantinya, tindakan ini akan memulihkan pesan ke lokasi semula. Mudah bukan?

Pakai Fitur Ekspor Data

Ekspor data ialah fitur yang berguna mengembalikan pesan dalam Telegram versi desktop. Jadi, pastinya Anda harus mengunduh Telegram pada desktop lalu baru masuk dengan akun masing-masing. Kedua, klik ikon tiga garis di liri atas layar kemudian pilih “Pengaturan” dan temukan opsi lanjutannya.

Ketiga, ketuk “Ekspor Data Telegram” lalu pilih kategori pesan terhapus yang ingin Anda pulihkan, seperti obrolan pribadi, bot maupun grup privasi. Selanjutnya, tinggal klik opsi “Ekspor” dan tunggu hingga prosesnya selesai. Kemudian pesan Anda pun kembali seperti semula.

Manfaatkan Cara Folder Cache Android

Perlu Anda ketahui, folder cache Android ini bisa menyimpan berbagai program dan file latar belakang. Meskipun, memang tidak ada jaminan pasti akan menemukan pesan terhapus di sini, namun ada baiknya mencoba dulu.

Langkah pertama, buka aplikasi “File Manager” pada perangkat Android atau handphone masing-masing. Kemudian pilih “Navigasi” dan pergi ke “Penyimpanan”. Setelah itu, ketuk opsi “Android” lalu “Data”.

Nanti akan muncul sejumlah pilihan, namun Anda cukup klik “org.telegram.messenger”. Selanjutnya, tekan “Cache” dan telusuri folder tersebut. Apabila Anda menemukan Riwayat pesan terhapus yang Anda cari, maka salin dan tempel ke lokasi penyimpanan aman pilihan Anda.

Pulihkan dengan Pesan Tersimpan Telegram

Pesan tersimpan menjadi cara alternatif lain, selain fitur undo delete Telegram yang bisa Anda pakai untuk mengembalikan room chat terhapus. Sebab, fitur penyimpanan awan Telegram memungkinkan Anda menyimpan dan mengakses entah itu pesan, media atau file secara mudah.

Caranya dengan meneruskan hal tersebut ke obrolan “Pesan Tersimpan” yang bisa berfungsi lancar, baik di platform seluler maupun desktop. Jadi, pertama luncurkan aplikasi Telegram pada perangkat seluler atau desktop. Lalu ketuk tiga garis dan klik opsi “Pesan Tersimpan” dari daftar.

Nah, setelah itu gunakanlah bilah pencarian yang terletak di bagian atas obrolan “Pesan Tersimpan”. Kemudian Anda tinggal memasukkan kata kunci lalu pesan tertentu akan muncul. Sehingga kemungkinan Anda akan menemukan pesan yang terhapus tadi.

Sebenarnya fitur undo delete Telegram merupakan cara termudah yang bisa Anda lakukan. Dengan catatan, Anda harus segera memencet tombol “Batalkan” setelah tidak sengaja menghapus pesan tertentu. Namun, apabila sudah terlewat dari 5 detik maka Anda bisa menggunakan alternatif lain seperti di atas. (R10/HR-Online)

Source link