Prabowo Subianto

HomeIwan BuleAnalisis Peta Koalisi Partai Politik Menuju Pemilihan Kepala Daerah 2024 di Pangandaran

Analisis Peta Koalisi Partai Politik Menuju Pemilihan Kepala Daerah 2024 di Pangandaran

DAILYPANGANDARAN – Menjelang pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran, peta koalisi politik menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mulai memanas.

Beberapa partai politik (parpol) telah memberikan rekomendasi kepada salah satu pasangan calon. Dari 7 parpol yang memiliki kursi sementara, saat ini terbagi menjadi dua koalisi.

Koalisi pertama PDI-PAN mengusung Citra Pritiyami dengan Ino Darsono. Sementara koalisi kedua PKB, PKS, dan Gerindra mengusung Ujang Endin Indrawan dengan Dadang Solihat (Okta).

Namun, menjelang H-3 pendaftaran kedua pasangan tersebut belum melakukan deklarasi. Meskipun, keduanya telah mendapatkan rekomendasi dari parpol.

Sementara itu, dua parpol yang berhasil mendapatkan kursi di Pangandaran belum menentukan sikap, yaitu Golkar dan PPP. Golkar memiliki 5 kursi dan PPP memiliki 2 kursi.

Meskipun demikian, KPU Pangandaran akan membuka pendaftaran untuk Calon Bupati dan Wakil Bupati pada 27 hingga 29 Agustus 2024.

Dari dua calon kandidat yang telah mendapatkan rekomendasi, Citra-Ino didukung oleh dua parpol yang memiliki 20 kursi DPRD. Sementara pasangan Ujang-Dadang memiliki 13 kursi DPRD.

Dua pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati belum melakukan deklarasi

Sekretaris Jenderal DPC PDI Perjuangan Pangandaran, Riki Zulfikri, menyatakan bahwa partai belum memutuskan koalisi bersama dengan siapa mereka akan berkoalisi. “Belum. Para calon masih memiliki kegiatan sendiri,” kata Riki, Sabtu (24/8/2024)

Sementara itu, PDI Perjuangan secara resmi memberikan rekomendasi untuk Citra-Ino yang diumumkan langsung oleh Sekretaris Jenderal PDI, Hasto, pada Rabu (22/8/). Keduanya akan resmi didukung oleh PDI Perjuangan dan PAN.

“PDI Perjuangan secara resmi memberikan rekomendasi untuk Citra-Ino bersama dengan PAN,” katanya.

Ketua DPC PKB Kabupaten Pangandaran, Otang Tarlian, membenarkan informasi bahwa Ujang Endin Indrawan akan berpasangan dengan Dadang Solihat dalam Pilkada ini.

“Pada akhirnya, mereka akan bersama-sama. Gerindra mendukung UE (Ujang Endin), PKB mendukung Dadang Solihat,” kata Otang.

Menurutnya, Ujang Endin dan Dadang Solihat telah menerima surat keputusan SK berupa B1.KWK. “Pemberian B1.KWK dari Gerindra sudah diterima oleh keduanya,” katanya.

Otang juga menjelaskan tentang langkah PAN. Otang mengonfirmasi bahwa PAN telah memberikan rekomendasi kepada Ino Darsono yang dipasangkan dengan Citra Pitriyami. “PKS tetap dengan pilihan kita,” katanya.

Terkait Golkar, kata Otang, mereka masih menunggu untuk memilih apakah akan bergabung atau memanfaatkan keputusan Mahkamah Konstitusi. “Jika bergabung dengan keputusan MK, mereka dapat mengajukan satu paket,” katanya.

Source link