Prabowo Subianto

HomeTeknologiCara Membuat Board di Telegram untuk Pemula

Cara Membuat Board di Telegram untuk Pemula

Cara membuat Board di Telegram tidaklah sulit. Telegram adalah aplikasi pesan singkat yang tidak hanya berguna untuk bertukar chat saja, tetapi juga menyediakan berbagai fitur unik dan gratis bagi pengguna.

Salah satu fitur menarik yang populer di kalangan pengguna Telegram adalah Board atau Papan Telegram. Fitur ini sering digunakan untuk survei di dalam grup atau channel Telegram. Sehingga banyak pengguna terutama admin grup atau channel penasaran dengan cara untuk membuat Board di aplikasi chat ini.

Selain itu, Board Telegram sangat berguna bagi admin channel private yang ingin membuat kolom komentar khusus tanpa harus membuat channel baru lagi. Board ini merupakan solusi yang tepat bagi admin yang ingin meminta saran, melakukan survei, atau pengambilan suara dari anggota grup atau channelnya.

Cara Membuat Board di Telegram dengan Mudah

Board di Telegram termasuk ke dalam fitur Bot Polling yang mirip dengan kolom komentar. Namun perbedaannya adalah antar anggota atau pengguna tidak dapat saling memberikan balasan komentar.

Fitur ini dapat menciptakan interaksi antar anggota dengan Board atau papan pesan berdasarkan kelompok masing-masing. Cara untuk membuat Board di Telegram cukup mudah, yaitu dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Buka Aplikasi Telegram

Pengguna dapat mengunduh aplikasi Telegram di Android, iOS, Windows, dan macOS. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store dan gratis tanpa harus berlangganan. Jika sudah berhasil terinstall, kemudian buka dan masuk/login ke Telegram menggunakan akun atau nomor telepon.

2. Cari Board yang Ada

Jika sudah berhasil login ke dalam aplikasi Telegram, maka selanjutnya adalah temukan Board atau papan yang telah ada atau bisa dengan mencari tautan atau link. Untuk menemukan link tersebut, pengguna dapat menggunakan fitur pencarian dalam Telegram atau bisa melalui link yang pernah teman kirimkan.

3. Bergabung dengan Tautan Board

Pengguna dapat mencari Board yang diinginkan. Kemudian setelah menemukannya, klik tombol “bergabung” pada Board tersebut. Biasanya beberapa Board telah menyediakan tombol bergabung.

4. Membuat Board atau Papan Baru

Bagi pengguna yang memiliki kebutuhan tertentu sehingga ingin membuat board sendiri, maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

– Buka dan login ke akun Telegram
– Klik ikon garis tiga di pojok kiri atas pada halaman utama Telegram
– Pilih menu “Setting” atau “Pilihan”
– Kemudian pilih “Create a Board” atau “Buat Board”
– Beri nama dan deskripsi dari Board yang telah dibuat
– Sesuaikan pengaturan privasi Board (Publik atau Pribadi)
– Pengguna dapat mengundang anggota ke dalam Board
– Jika semua sudah selesai, klik “Create” atau “Buat”

Terdapat cara lain untuk membuat Board dengan langkah-langkah yang lebih sederhana, yaitu sebagai berikut:

– Buka dan login ke akun Telegram
– Klik ikon pencarian di pojok kanan atas pada halaman utama Telegram
– Cari Bot bernama “Masterpoll Bot 2”
– Jika sudah masuk ke dalam Bot Masterpoll, klik “mulai”
– Untuk mempermudah memahami bahasa, pengguna dapat menggunakan fitur terjemah otomatis
– Klik “Create New Poll”
– Pilih “Change Poll Type”
– Di menu “Change Poll Type”, pengguna dapat memilih berbagai jenis polling dengan keterangan masing-masing
– Pengguna dapat menyesuaikan ingin membuat Board “anonymous” atau “personal”
– Tuliskan nama Board/judul/pertanyaan sesuai keinginan pengguna
– Tuliskan deskripsi Board
– Klik “Publish” dan Board siap dikirimkan ke grup atau channel pengguna.

Manfaat Fitur Board Telegram

Telegram menyediakan berbagai jenis Bot yang menarik serta sangat bermanfaat bagi penggunanya. Manfaat Board Telegram baik untuk personal pribadi maupun komunitas, antara lain:

– Untuk mengumpulkan opini atau saran anggota komunitas dari suatu grup atau channel mengenai berbagai topik.
– Sebagai sarana membuat survei untuk anggota komunitas mengenai kebutuhan member.
– Sebagai sarana mengadakan voting atau pemungutan suara dalam komunitas. Contohnya seperti menentukan pemenang dalam sebuah kompetisi, menentukan pemimpin atau ketua, memilih bahan diskusi, dan masih banyak topik lainnya sesuai dengan kebutuhan pengguna.
– Untuk meningkatkan interaksi antar anggota komunitas dan membuat anggota lebih terlibat aktif dalam diskusi.

Banyak cara efektif untuk sarana meningkatkan interaksi antar anggota komunitas online di Telegram. Salah satunya adalah dengan membuat Board di Telegram. Pengguna dapat membuat Board sesuai dengan kebutuhan berdasarkan langkah-langkah di atas. Selain itu, pengguna dapat memanfaatkan fitur-fitur tambahan yang dapat meningkatkan efektivitas Board Telegram. (R10/HR-Online)

Source link