Prabowo Subianto

HomekesehatanRSUP Adam Malik dan Arab Saudi Kerja Sama Operasi Jantung – Sehat...

RSUP Adam Malik dan Arab Saudi Kerja Sama Operasi Jantung – Sehat Negeriku

Rabu, 22 Mei 2024

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik di Medan, Sumatera Utara, bekerja sama dengan King Salman (KS) Relief dan Muslim World League dari Arab Saudi untuk mengadakan kegiatan sosial operasi jantung.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi bantuan dari Arab Saudi yang membantu melakukan operasi jantung di RSUP Adam Malik.

“Muslim World League dan King Salman Relief sangat membantu RS Adam Malik untuk melakukan operasi jantung,” kata Menkes Budi, dalam konferensi pers, Rabu (22/5).

Dalam pelaksanaannya, KS Relief melakukan program bantuan medis kemanusiaan dengan melakukan operasi jantung di Kota Medan, Sumatera Utara. Pasien yang menjalani operasi jantung dalam kerja sama dengan Arab Saudi ini tidak akan dikenakan biaya atau gratis karena sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Kegiatan sosial operasi jantung ini akan dilakukan dalam tiga periode. Periode pertama berlangsung hingga 27 Mei 2024. Sementara itu, periode kedua akan berlangsung dari 2-9 Juni 2024, dan periode ketiga dari 25 Juni hingga 1 Juli 2024.

Operasi jantung ini akan dilakukan oleh tenaga medis ahli dan terkemuka dari Arab Saudi. Mereka akan melakukan operasi jantung pada 15-20 pasien setiap periode.

“Kedutaan Arab Saudi siap untuk melaksanakan program operasi jantung ini dan memberikan fasilitas yang diperlukan untuk kelancaran kegiatan tersebut,” ujar Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal Abdullah.

Kerajaan Arab Saudi memiliki peran penting dalam meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, melalui KS Relief, Kerajaan Arab Saudi berkomitmen untuk memberikan bantuan di berbagai sektor kemanusiaan.

Informasi ini disampaikan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi hotline Halo Kemenkes di nomor 1500-567, SMS 081281562620, atau melalui email [email protected].

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik

dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid

Source link