Prabowo Subianto

HomeBeritaWamenlu Rusia Berjanji Memperkuat Upaya untuk Menghentikan Genosida Israel saat Bertemu Dubes...

Wamenlu Rusia Berjanji Memperkuat Upaya untuk Menghentikan Genosida Israel saat Bertemu Dubes Palestina

Seorang warga Palestina mengevakuasi seorang anak yang terluka pasca serangan Israel di Al Zawayda, Jalur Gaza tengah, Kamis, 28 Desember 2023.

MOSKOW — Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Mikhail Bogdanov telah melakukan pertemuan dengan Duta Besar Palestina untuk Rusia Abdel Hafiz Nofal. Pada kesempatan itu, Bogdanov menyampaikan Moskow akan melanjutkan upaya mengakhiri pertempuran dan pertumpahan darah di Jalur Gaza secepat mungkin.

“Selama perundingan, kedua belah pihak fokus pada situasi yang muncul di zona konflik Palestina-Israel, menyoroti bencana kemanusiaan di Jalur Gaza. Rusia menegaskan kembali kesiapannya untuk melanjutkan upaya kuat demi penghentian pertumpahan darah lebih awal, serta penyatuan seluruh kekuatan politik Palestina di atas platform PLO (Organisasi Pembebasan Palestina,” kata Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Rusia dalam keterangannya terkait pertemuan Bogdanov dan Nofal, dikutip laman kantor berita Rusia, TASS, Kamis (28/12/2023).

Kepada Nofal, Bogdanov pun menyampaikan Rusia akan mengupayakan pengiriman bantuan kemanusiaan lebih lanjut ke Gaza. Selain itu, Bogdanov pun menegaskan dukungan Rusia terhadap kemerdekaan Palestina.

“Posisi Moskow yang tidak dapat diubah dalam mendukung penyelesaian masalah Palestina secara adil berdasarkan dasar hukum internasional yang diakui, dengan menetapkan pembentukan negara Palestina merdeka dalam perbatasan tahun 1967 dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya, hidup dalam perdamaian dan keamanan dengan Israel, sudah dicatat,” kata Kemenlu Rusia.

Pada Kamis kemarin, TASS juga menerbitkan hasil wawancara eksklusifnya dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov. Salah satu isu yang dibahas adalah tentang krisis di Gaza.

Lavrov mengatakan memutus lingkaran setan kekerasan… Sumber: Republika