Prabowo Subianto

HomeBeritaPutin diusulkan sebagai calon presiden independen

Putin diusulkan sebagai calon presiden independen

Pendukung Presiden Rusia Vladimir Putin secara resmi mencalonkannya sebagai kandidat independen dalam pemilihan presiden tahun 2024. Dalam undang-undang pemilihan Rusia, seorang kandidat independen harus didukung oleh kelompok yang memiliki minimal 500 anggota dan harus mendapatkan 300 ribu tanda tangan dukungan.

Sejumlah kelompok yang mencalonkan Putin termasuk pejabat tinggi dari Partai Persatuan Rusia yang berkuasa, aktor dan penyanyi terkenal, atlet, dan tokoh-tokoh publik lainnya. Front Rakyat, sebuah koalisi politik yang didirikan pada tahun 2011 oleh Putin, juga bersedia mencalonkan Putin sebagai kandidat presiden.

RIA Novosti, kantor berita Rusia, mengutip ketua Partai A Just Russia, Sergei Mironov, yang mengatakan Putin akan maju sebagai kandidat independen dan akan mengumpulkan tanda tangan. Anggota parlemen Rusia telah menetapkan tanggal 17 Maret 2024 sebagai hari pemungutan suara, yang akan menjadi langkah bagi Putin untuk menduduki masa jabatan kelimanya.

Putin, yang berusia 71 tahun, melakukan reformasi konstitusional agar ia memenuhi syarat untuk mendapatkan dua kali masa jabatan enam tahun lagi setelah masa jabatannya saat ini berakhir tahun depan, sehingga memungkinkannya untuk tetap berkuasa hingga 2036. Kekuatan politik yang ia bangun selama 24 tahun berkuasa membuat hasil pemilihan umum hampir dapat diprediksi.

Para kritikusnya, yang dapat menjadi lawan dalam pemungutan suara, berada di penjara atau tinggal di luar negeri. Rusia juga telah melarang sebagian besar media independen.