Prabowo Subianto

HomeBeritaAkar Permasalahan Pengungsi Rohingya Harus Ditemukan Solusinya

Akar Permasalahan Pengungsi Rohingya Harus Ditemukan Solusinya

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, mengatakan dalam Forum Pengungsi Global di Kantor PBB di Jenewa, Swiss, bahwa akar masalah pengungsi Rohingya harus segera diselesaikan. Menurutnya, kekerasan yang terus terjadi di Myanmar akibat pertentangan antara junta militer dan warga sipil telah memaksa warga Rohingya untuk meninggalkan negara tersebut.

“Ia mengajak masyarakat internasional bekerja sama menghentikan konflik dan memulihkan demokrasi di Myanmar, sehingga pengungsi Rohingya dapat kembali ke rumah mereka, yaitu di Myanmar,” ujar Retno ketika menyampaikan keterangan pers secara daring dari Jenewa.

Selain itu, dalam Forum GRF, ia juga mengingatkan adanya indikasi kuat para pengungsi telah menjadi korban tindak pidana perdagangan dan penyelundupan manusia. Praktik ini semakin menambah kompleksitas dan sulitnya penanganan isu pengungsi.

“Saya jelaskan Indonesia tidak akan ragu-ragu untuk memerangi tindak pidana perdagangan dan penyelundupan manusia yang merupakan kejahatan transnasional. Namun, Indonesia tidak dapat menjalankannya sendiri,” kata dia.

Oleh karena itu, Menlu Retno menyerukan sumber: Antara.