Prabowo Subianto

BRIGJEN TNI PURN. I GUSTI NGURAH RAI

Sikap dan tindakan Brigadir Jenderal TNI (Anumerta) I Gusti Ngurah Rai beserta pasukannya dalam pertempuran Puputan Margarana tahun 1946 telah menetapkan standar kepemimpinan teladan...
HomeBeritaRatusan Orang di London Menggelar Pawai Pro-Palestina, Menuntut Gencatan Senjata

Ratusan Orang di London Menggelar Pawai Pro-Palestina, Menuntut Gencatan Senjata

Para pengunjuk rasa berkumpul di London pada Sabtu, 14 Oktober 2023 untuk mengikuti demonstrasi yang mendukung Palestina. Puluhan ribu orang berpartisipasi dalam demonstrasi tersebut yang menuntut gencatan senjata di Gaza. Pasukan kepolisian Inggris awalnya mencoba melarang demonstrasi ini karena bertepatan dengan peringatan Armistice Day, namun demonstrasi tetap berlangsung.

Media lokal melaporkan adanya bentrokan antara aktivis sayap kanan dengan polisi London. Para pengunjuk rasa terus berdatangan meskipun ada seruan resmi untuk melarang demonstrasi ini. Mereka menggelar demonstrasi yang padat di jalan-jalan pusat kota London dengan teriakan “Israel adalah negara teroris, bebaskan Palestina.”

Salah satu peserta demonstrasi, Zoe Whittington, melakukan perjalanan jauh dari London Selatan bersama keluarganya untuk ikut serta dalam demonstrasi ini. Ia menyampaikan keyakinannya dalam perjuangan kemanusiaan dan bahwa ia tidak bisa berdiam diri terhadap kekerasan dan penindasan yang terjadi di Palestina.

Selain itu, puluhan profesional di sektor kesehatan Inggris mengadakan aksi solidaritas kepada para petugas kesehatan yang tewas di Gaza akibat pengeboman Israel. Mereka menuntut gencatan senjata segera di Gaza dan menulis surat kepada Perdana Menteri Inggris sebagai bentuk protes.

Aksi pro-Palestina ini menunjukkan dukungan dari masyarakat di London terhadap Palestina dan mengecam tindakan kekerasan yang terjadi di wilayah tersebut. Demonstrasi ini juga menunjukkan solidaritas dari berbagai kalangan dalam menuntut perdamaian dan keadilan di Palestina.