Prabowo Subianto

Relawan Aksi Sahabat Gibran Melakukan Simulasi Program Makan Siang Gratis di Semarang

Sejumlah relawan yang tergabung dalam Aksi Sahabat Gibran (AksiBagi) menggelar simulasi program makan siang gratis yang diusung paslon nomor urut 2, Prabowo-Gibran di Pleburan,...
HomeBeritaAncaman Houthi Terhadap Amerika Serikat Jika Terus Mendukung Israel

Ancaman Houthi Terhadap Amerika Serikat Jika Terus Mendukung Israel

Kelompok Houthi Yaman mengingatkan tentang meluasnya konflik Israel-Palestina jika Amerika Serikat (AS) terus mendukung Israel dalam serangannya di Gaza. Juru bicara Houthi, Mohamed Abdulsalam, mengajak masyarakat Arab untuk mendukung warga Palestina di Gaza untuk mendapatkan hak mereka yang sah.

“Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, harus menyadari bahwa konflik akan semakin meluas selama AS terus memberikan waktu kepada Israel untuk melakukan genosida di Gaza,” ujar Abdulsalam melalui saluran pro-Houthi Al-Masirah.

Di sisi lain, juru bicara militer Houthi, Yahya Saree, berjanji akan terus menembakkan rudal dan drone ke arah Israel. Dalam beberapa hari terakhir, kelompok Houthi telah meluncurkan beberapa rudal dan drone ke arah Israel.

Sementara itu, Blinken menolak seruan gencatan senjata di Gaza pada Sabtu. Padahal sebelumnya dia telah bertemu dengan para pemimpin Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Qatar, Mesir, Yordania, dan Otoritas Palestina di Amman.

“Gencatan senjata saat ini hanya akan membuat Hamas tetap bertahan, dapat berkumpul kembali, dan mengulangi apa yang mereka lakukan pada 7 Oktober,” kata Blinken.

Perdana Menteri pemerintahan Houthi, Abdelaziz bin Habtour, sebelumnya telah menyatakan bahwa Houthi adalah bagian dari poros perlawanan terhadap Israel. Poros ini juga mencakup kelompok-kelompok yang didukung Iran di Lebanon, Suriah, dan Irak.

Israel menyalahkan Houthi atas serangan pesawat tak berawak yang terjadi pekan lalu. Namun, sistem pertahanan Israel telah berhasil mencegat target musuh yang menuju Israel selatan. Pada 19 Oktober, Angkatan Laut Amerika Serikat melaporkan bahwa mereka berhasil menembak jatuh tiga rudal jelajah serangan darat dan beberapa drone yang ditembakkan oleh Houthi, kemungkinan ke arah Israel.

Sumber: https://internasional.republika.co.id/berita/s3n1pq366/houthi-ancam-as-jika-terus-dukung-israel