Prabowo Subianto

Task Force Prabowo-Gibran Menyangkal Kabar Potongan Anggaran Makanan Gratis Menjadi Rp7.500 Per Anak

Jakarta - Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran membantah rumor pemotongan anggaran makan bergizi gratis dari Rp15 ribu menjadi Rp7.500 per anak. Hasan Nasbi sebagai anggota...
HomeBeritaAksi Eropa yang Diperlukan dalam Menghadapi Genosida Palestina

Aksi Eropa yang Diperlukan dalam Menghadapi Genosida Palestina

Penjabat Menteri Hak Sosial Spanyol, Ione Belarra, mendorong Eropa untuk segera mengambil tindakan dalam merespons genosida yang dilakukan oleh Israel terhadap warga Palestina. Dia menyampaikan hal ini saat mengikuti protes pro-Palestina di Madrid pada hari Ahad (20/10/2023).

“Kami di sini hari ini mendampingi semua orang baik di negara kami maupun di seluruh Eropa yang ingin meminta dan menuntut berakhirnya genosida yang telah direncanakan ini selamanya, pembersihan etnis terhadap rakyat Palestina yang dilakukan oleh negara Israel,” ujar Belarra kepada awak media dalam video yang diunggah di akun resmi miliknya.

Belarra menyatakan bahwa pemimpin-pemimpin Eropa, termasuk Spanyol, tidak siap untuk menghadapi situasi krisis yang terjadi antara Israel dan Palestina saat ini. Dia menambahkan, “Kami tidak ingin terlibat dalam genosida yang telah direncanakan ini dan kami percaya bahwa Eropa harus segera bertindak. Saya yakin Eropa akan menghadapi konsekuensi yang sangat besar atas hipokrisi ini.”

Belarra mengimbau negara-negara Eropa untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel, menerapkan sanksi ekonomi, dan menghentikan pengiriman senjata. Dia menyampaikan, “Masyarakat terkejut melihat bahwa Uni Eropa sepenuhnya berada dalam pengaruh Amerika Serikat (AS) dan Israel.”

Belarra juga menyoroti Benjamin Netanyahu, Perdana Menteri Israel, sebagai aktor utama di balik kekejaman yang dialami oleh masyarakat Palestina saat ini. “Tentu saja, Netanyahu harus dihadapkan ke Mahkamah Pidana Internasional untuk diadili sebagai seorang penjahat perang,” katanya.

Sejak 7 Oktober 2023, Israel telah melakukan serangan udara terhadap Gaza. Hingga saat ini, jumlah korban tewas akibat serangan Israel telah mencapai setidaknya 8.005 orang, dengan 73% di antaranya adalah anak-anak, perempuan, dan lansia. Lebih dari 20 ribu orang telah terluka akibat serangan tersebut. Lebih dari 1 juta warga Gaza saat ini mengungsi dan menghadapi kondisi terlantar sebagai akibat dari agresi Israel.

Sumber: Republika (https://internasional.republika.co.id/berita/s3bozu335/menteri-sosial-spanyol-eropa-harus-bertindak-lawan-genosida-palestina)