Prabowo Subianto

HomeOlahragaKejurda Atletik 2024 Resmi Dimulai, Lombakan 26 Nomor Putra Dan Puteri

Kejurda Atletik 2024 Resmi Dimulai, Lombakan 26 Nomor Putra Dan Puteri

TATIYE.ID (SPORT) – Sebanyak 26 nomor lomba diikuti oleh kurang lebih seratus atlet dari seluruh penjuru Provinsi Gorontalo ikut ambil bagian dalam Kejuaraan Daerah (Kejurda) Atletik tahun 2024 yang diselenggarakan Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Gorontalo, di Stadion Merdeka, Kota Gorontalo.

Kejurda ini berlangsung selama tiga hari, yaitu Rabu-Ahad 29-31 Mei 2024. Acara ini kata Ketua Harian Pengprov PASI Gorontalo, DR. Ucok H. Rafiater, M.Pd tidak lain sebagai ajang pemantauan atlet menuju berbagai event nasional maupun regional sekaligus bertujuan untuk memberikan motivasi kepada atlet usia dini.

“Kejurda ini tentu menjadi wadah bagi kami dalam memantau potensi-potensi atlet usia dini di Gorontalo yang belum semuanya tereksplorasi. Sehingga event ini terbagi dalam dua kategori yakni pelajar jenjang SD, SMP, SMA sederajat dan Mahasiswa serta kategori atlet senior,” kata DR. Ucok H. Rafiater, M.Pd, Rabu (29/5/2024).

Untuk kategori pelajar meliputi nomor lari 60 M Putra-putri (Kelahiran 2012 ke atas), Sprint 80 M putra-putri (2008 ke atas), Sprint 100-200 M putra-putri (Kelahiran 2006 ke atas), 400-800 M putra-putri (Kelahiran 2006 ke atas), Lari Estafet Mix 4×100 M putra-puteri (kelahiran 2006), Lompat Jauh putra-puteri (kelahiran 2006 ke atas), dan Tolak peluru putra-putri (kelahiran 2006 ke atas).

Untuk kategori Senior meliputi Sprint 100-200 M putra-putri, Sprint 400-800 M putra-putri, lari 5.000 M putra-putri, lari Estafet Mix 4×100 M putra-putri, Lompat Jauh putra-putri serta tolak peluru putra-putri.

Sementara itu, pembukaan Kejurda dilakukan oleh Pj. Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin dan turut hadir juga wakil Ketua KONI Provinsi Gorontalo, Ridwan Bobihoe, Maman Djakaria, Sekretaris Dikbud Provinsi Gorontalo, Rudy Daenunu, Kepala Dikbud Kota Gorontalo, Lukman Kasim dan sejumlah pengurus KONI dan Pengprov PASI Gorontalo.

Kepada awak media usai pelepasan, Pj. Gubernur merasa sangat bangga bisa melihat Kejurda Provinsi Gorontalo. Ia berharap Kejurda kali ini dapat mencetak atlet-atlet yang berprestasi sampai ke kancah nasional maupun internasional.

“Saya dengan sangat bangga dapat melihat para atlet yang mengikuti Kejurda ini, sehingga dapat mencetak olahragawan yang berprestasi untuk Provinsi Gorontalo,” kata Pj. Gubernur Rudy Salahuddin.

Atletik yang dikenal sebagai induk dari seluruh olahraga ini diharapkan dapat menjadi tempat untuk berkembang sebagai atlet cabang olahraga yang lain dan bisa melanjutkan hingga ke pemusatan latihan nasional (pelatnas) bahkan ke SEA dan ASEAN Games. (*)

Source link