Prabowo Subianto

HomeOtomotifMinimalis namun canggih ala Wuling Cloud EV

Minimalis namun canggih ala Wuling Cloud EV

Jakarta (ANTARA) – Sejak Wuling mengumumkan harga mobil listrik terbarunya, Cloud EV, kendaraan ramah lingkungan ini terus menjadi perbincangan di masyarakat karena kecanggihan yang ditawarkan serta harga yang relatif terjangkau. Banyak kalangan menganggap harga Rp410 juta yang dibanderol untuk Cloud EV adalah harga yang kompetitif untuk mobil listrik yang popularitasnya terus meningkat. Bahkan beberapa orang berpendapat bahwa Cloud EV lebih “worth to buy” daripada mobil dengan mesin pembakaran dalam (ICE) di kisaran harga Rp400 jutaan.

ANTARA berkesempatan untuk merasakan langsung performa dan teknologi yang ditawarkan oleh Cloud EV di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat pada Kamis (2/5). Berbeda dengan dua versi sebelumnya, yaitu Wuling Air EV dan Binguo EV, Cloud EV memiliki dimensi yang lebih besar, termasuk panjang 4.295 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.652 mm, dan jarak sumbu roda 2.700 mm.

Ukuran seperti ini mirip dengan beberapa mobil MPV 7 seater di Indonesia sehingga dapat membayangkan betapa luasnya kabin yang disediakan. Kendaraan listrik dalam segmen medium hatchback ini memiliki kesan minimalis dan dinamis tanpa lekukan body yang berlebihan pada bagian eksteriornya. Cloud EV, yang terinspirasi dari awan, juga memiliki lekukan halus di sisi samping yang menggabungkan lampu depan dan belakang sebagai perpaduan estetika teknologi yang minimalis. Bentuk bulat yang seperti awan ini juga didukung oleh velg dual tone palang tebal berukuran 18 inci yang semakin memperkuat kesan mewah dan elegan.

Kesan minimalis ini juga terasa di bagian interior, di mana Cloud EV hampir tidak memiliki tombol fisik dan banyak panel pada dashboard pengemudi. Hampir semua pengaturan fitur kendaraan telah dipindahkan ke panel instrumen atau headunit dan toogle switch pada setir kendaraan. Fitur-fitur tersebut mencakup intelligent driving assist (IDA), pengaturan AC, pengaturan kamera 360, menjawab panggilan telepon, tombol pintas, mengaktifkan perintah suara, dan lainnya.

Fitur lainnya yang lebih spesifik ada di dalam headunit. Pengendara dapat mengatur kendaraan melalui layar sentuh berukuran 15,6 inci. Beberapa fitur yang dapat diatur di dalam headunit meliputi pengaturan spion, lampu otomatis, adaptive cruise control, mode berkendara, advance driving assistance system (ADAS), brake feel mode, dan lainnya. Wuling juga menambahkan sejumlah perintah suara baru yang belum ada di seri sebelumnya, seperti buka/tutup bagasi, nyala/mati lampu ambient, informasi sisa baterai dan jarak tempuh, atur mode berkendara, pengaturan wiper, ketinggian lampu utama, pemulihan daya kendaraan, dan lainnya.

Semua kemudahan pengaturan kendaraan ini didukung oleh desain kabin dengan nuansa black pearl yang elegan serta jok hitam yang sangat nyaman. Duduk di baris kedua kendaraan masih terasa lega karena konfigurasi kursi merupakan mobil MPV, menghilangkan baris ketiga dan menggantinya dengan bagasi berkapasitas 606 liter. Wuling juga menanamkan teknologi smart electric tailgate untuk membuka atau menutup bagasi melalui perintah suara, headunit, atau sensor kunci.

Cloud EV yang dipasarkan di Indonesia dilengkapi baterai berkapasitas 50,6 kWh dengan jarak tempuh normal hingga 460 kilometer hingga 505 kilometer. Dalam uji berkendara, Cloud EV responsif ketika digunakan di lingkungan perkotaan dengan 4 mode berkendara yaitu eco+, eco, normal, dan sport. Mode berkendara eco+ membatasi laju kendaraan hingga 80 kpj, sementara mode sport dapat mencapai 150 kpj. Pada bagian pengereman juga dapat diatur responsnya, baik normal atau lebih sigap, meskipun performa pengereman secara umum tidak berbeda.

Suspensi Cloud EV cukup nyaman saat ditumpangi empat orang dewasa pada kecepatan sedang, bahkan saat mobil melewati tikungan dan jalan bergelombang. Fitur-fitur yang dibawa Cloud EV, termasuk fitur perintah suara, membuat pengemudi tetap fokus dalam berkendara.

Beberapa fitur unggulan dari Wuling Cloud EV antara lain: Digital AC with PM 2.5 Filter, Air Conditioning at Second Row, Power Windows with Auto Up/Down and Anti-Pinch Function, AlL-Around 360° Camera, Multifunction Switch on Steering Wheel, Keyless Entry & Smart Start System, USB Port fast charging, Wireless Charger, 6 Speakers AM/FM Radio, USB, Bluetooth, Full Vehicle Control via Head Unit, Smart Electric Tailgate, Smart Door Lock/Unlock.

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024

Source link