Prabowo Subianto

HomeOtomotifMitsubishi Triton raih peringkat keamanan ANCAP bintang lima

Mitsubishi Triton raih peringkat keamanan ANCAP bintang lima

Mitsubishi Triton 2024 Meraih Bintang Lima dalam Uji Keselamatan

Jakarta (ANTARA) – Mitsubishi Triton 2024 telah meraih peringkat bintang lima dalam uji keselamatan oleh Australian New Car Assessment Program (ANCAP), otoritas uji kecelakaan independen di Australia. Mobil ini merupakan kendaraan kabin ganda pertama yang diuji dengan kriteria baru organisasi tersebut untuk tahun 2023-2025.

Peringkat bintang lima ini berlaku untuk semua varian 2WD dan 4WD Double Cab dari Triton yang baru diluncurkan di Australia dan Selandia Baru. Menurut Chief Executive Officer ANCAP, Carla Hoorweg, peringkat ini menunjukkan komitmen dan kemampuan Mitsubishi dalam merancang, membangun, dan menghadirkan produk bintang lima.

Truk kabin ganda merupakan salah satu model terlaris di Australia dan Selandia Baru, digunakan oleh konsumen umum dan armada. Namun, kendaraan ini juga sering digunakan sebagai kendaraan keluarga.

Mitsubishi Triton dengan wajah baru rencananya akan diperkenalkan di ajang otomotif tahunan GIIAS 2024 di Indonesia. Menurut ANCAP, Triton menunjukkan tingkat perlindungan tinggi untuk pengemudi, penumpang dewasa di kursi depan, dan penumpang anak-anak dalam berbagai tes tabrakan fisik.

Meskipun demikian, terdapat beberapa catatan terkait perlindungan dada dan kaki bagian atas penumpang belakang dalam uji frontal lebar penuh. Akan tetapi, Triton dinilai cukup baik dalam melindungi orang di kendaraan lain jika terjadi tabrakan.

Selain itu, ANCAP juga menguji Sistem Pemantauan Pengemudi Triton, yang memperoleh pujian karena kemampuannya memberikan peringatan terhadap kelelahan dan gangguan kepada pengemudi. Namun, implementasi sistem ini dapat ditingkatkan dengan mengurangi peringatan yang tidak perlu kepada pengemudi.

Secara keseluruhan, Mitsubishi Triton 2024 terbukti memiliki fitur keselamatan yang baik dan mampu memenuhi standar uji keselamatan yang diterapkan oleh ANCAP.

Source link