Prabowo Subianto

HomePolitikAhmad Dofiri, Wahyu Widada, Fadil Imran

Ahmad Dofiri, Wahyu Widada, Fadil Imran

Pengamat dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Bambang Rukminto, menyebut bahwa terdapat tiga Perwira Tinggi (Pati) Polri yang berpotensi menjadi Wakapolri.

Posisi Wakapolri kosong setelah Komjen Agus Andrianto mengundurkan diri dan resmi dilantik sebagai Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan.

Menurut Bambang, tradisi di Polri menunjukkan bahwa Wakapolri biasanya diisi oleh salah satu Komjen yang berada dalam struktur Polri. Dengan demikian, opsi calon Wakapolri akan semakin terbatas.

Bambang juga menilai bahwa Komjen Ahmad Dofiri, Komjen Wahyu Widada, dan Komjen Fadil Imran adalah tiga nama yang mungkin menjadi Wakapolri selanjutnya. Dofiri dinilai sebagai kandidat yang paling senior dan sudah memiliki pengalaman yang lengkap di berbagai bidang di Korps Bhayangkara.

Sementara itu, Wahyu Widada dan Fadil Imran juga tercatat telah menjabat sebagai Kapolda sebelum menjabat sebagai Pejabat Utama di Mabes Polri.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo diharapkan segera menunjuk pengganti Komjen Agus Andrianto yang telah mengundurkan diri sebagai Wakapolri.

Irjen Dedi Prasetyo, Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (SDM), menyatakan bahwa Kapolri akan memilih seorang Perwira Tinggi (Pati) untuk menggantikan posisi Wakapolri yang kosong.

Agus Andrianto sendiri telah mengundurkan diri atas keinginan pribadi setelah diminta oleh Presiden Prabowo Subianto untuk menjadi Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan.

Source link