Prabowo Subianto

HomeTeknologiCara Agar Kamera HP Samsung Tidak Mirror, Cek Pengaturan

Cara Agar Kamera HP Samsung Tidak Mirror, Cek Pengaturan

Cara agar kamera HP Samsung tidak terbalik dapat dilakukan dengan mudah oleh pengguna. Bagi pemilik HP Samsung yang ingin menonaktifkan efek mirror pada kamera, perubahan pengaturan sederhana sudah cukup.

Biasanya, efek mirror hanya terjadi pada kamera depan ponsel. Fitur ini menciptakan gambar yang tampak terbalik, seperti saat seseorang melihat dirinya di cermin. Hal ini tentu dapat membuat hasil foto terlihat terbalik dari aslinya.

Cara Agar Kamera HP Samsung Tidak Terbalik dengan Mudah

Apakah Anda pernah mengambil foto selfie menggunakan HP Samsung dan mendapati hasilnya terbalik, seperti tangan kanan yang menjadi kiri dan objek lainnya juga terlihat terbalik? Aplikasi kamera Samsung dilengkapi dengan fitur bawaan bernama Mirror yang secara otomatis membalik gambar saat Anda melakukan selfie.

Sehingga foto yang disimpan di galeri juga akan terbalik. Beberapa orang mungkin menyukai fitur ini karena memberikan kesan seperti melihat diri sendiri di cermin. Namun, banyak juga yang merasa terganggu dengan efek mirror ini dan ingin menonaktifkannya.

Untungnya, pengguna kamera Samsung dapat dengan mudah menonaktifkan efek mirror ini tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan. Biasanya, ketika Anda mengambil foto dengan kamera depan, hasil yang tersimpan di galeri akan sesuai dengan apa yang ditampilkan dalam pratinjau, yaitu terbalik.

Namun, Anda bisa mengatur agar foto yang Anda ambil dengan kamera depan tidak tersimpan dalam keadaan terbalik. Jika Anda masih bingung bagaimana cara agar kamera HP Samsung tidak terbalik, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Buka aplikasi Kamera di perangkat Samsung Anda.
Ketuk ikon roda gigi untuk mengakses menu pengaturan kamera.
Gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Picture As Previewed.”
Ketuk atau geser tombol di sebelah opsi tersebut ke kiri hingga berwarna abu-abu untuk menonaktifkan fitur ini.
Selesai, sekarang kamera depan tidak akan lagi menghasilkan gambar mirror.

Jika HP Samsung Anda menggunakan bahasa Inggris, cari opsi “Save selfie as previewed” atau “Save pictures as flipped” dalam pengaturan kamera bawaan. Pengaturan ini dapat menonaktifkan efek mirror pada semua model Samsung, termasuk A13, A14, A23, A32, A54, S22 Ultra, dan model lainnya.

Semoga dengan mengikuti tutorial ini, hasil foto Anda tidak akan terbalik. Terutama saat Anda unggah ke media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, atau TikTok.

Pilihan HP Samsung yang Memiliki Kamera Terbaik

Saat ini, memotret menggunakan kamera ponsel mampu menghasilkan gambar yang jernih dan tajam. Hal itu berkat teknologi serta fitur canggih yang tersemat pada perangkat tersebut. Berikut ini beberapa rekomendasi merek HP Samsung yang memiliki kualitas kamera unggulan.

Z Fold 5

Rekomendasi pertama adalah Samsung Galaxy Z Fold 5 yang hadir dengan teknologi ponsel lipat inovatif. Seri ini berbekal dengan tiga kamera belakang, masing-masing beresolusi 50 MP, 12 MP, dan 10 MP.

Selain itu, perangkat ini mendukung teknologi optical zoom hingga 3 kali dan digital zoom hingga 30 kali. Untuk kamera depannya, resolusi 10 MP memastikan hasil swafoto terlihat lebih jernih dan memukau.

Galaxy Z Fold 5 juga mampu merekam video berkualitas UHD 8K dengan resolusi setara 7680 x 4320 pada 30 fps. Fitur slow motion-nya mendukung perekaman hingga 960 fps pada resolusi FHD dan 240 fps pada resolusi FHD, sehingga memberikan pengalaman video yang lebih dinamis dan menakjubkan.

Z Flip 5

Cara agar kamera HP Samsung tidak terbalik juga dapat Anda terapkan pada Samsung Galaxy Z Flip 5. Samsung Z Flip 5 merupakan ponsel lipat dengan dua kamera belakang.

Pengguna bisa memanfaatkan kedua kamera tersebut untuk swafoto berkat teknologi lipat yang dimilikinya. Kamera belakang Samsung Galaxy Z Flip 5 memiliki resolusi masing-masing 12 MP dan mendukung digital zoom hingga 10 kali.

Selain itu, ponsel ini berbekal dengan kamera depan beresolusi 10 MP dan mendukung perekaman video UHD 4K dengan resolusi 2840 x 2160 pada 60 fps. Terdapat pula fitur slow motion dengan kemampuan merekam hingga 960 fps pada resolusi FHD serta 240 fps pada resolusi FHD, memberikan hasil video yang lebih menarik dan detail.

Galaxy S23 Ultra

Terakhir, Samsung Galaxy S23 Ultra menawarkan fitur kamera yang luar biasa dengan empat kamera belakang, masing-masing beresolusi 12 MP, 20 MP, 10 MP, dan 10 MP. Ponsel ini juga lengkap dengan optical zoom hingga 3 kali dan digital zoom hingga 100 kali. Untuk kamera depannya, resolusinya mencapai 12 MP.

Samsung Galaxy S23 Ultra mendukung perekaman video dengan resolusi UHD 8K, setara dengan 7680 x 4320 pada 30 fps. Selain itu, fitur slow motion pada ponsel ini memungkinkan perekaman dengan kecepatan 960 fps pada resolusi FHD dan 240 fps pada FHD.

Seringkali, saat menggunakan kamera selfie, hasil foto dapat terlihat terbalik, yang tentu saja menjadi kendala saat ingin mengambil gambar. Hal ini dapat membuat pengalaman berfoto menjadi merepotkan.

Nah, itulah cara agar kamera HP Samsung tidak terbalik. Pastikan untuk mengecek pengaturan kamera terlebih dahulu sebelum mengambil foto. Selain itu, pilihlah produk Samsung yang telah lengkap dengan kualitas kamera terbaik. Seperti rekomendasi di atas, sebagai pengguna, Anda dapat memilih seri yang sesuai dengan preferensi dan anggaran yang Anda miliki. (R10/HR-Online)

Source link