Prabowo Subianto

Prabowo Subianto Mengadakan Pertemuan Terakhir di DPR, Semua Fraksi Hadir dan Memberikan Doa

Jakarta - Ada beberapa fakta menarik yang terjadi dalam rapat kerja (raker) terakhir antara Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dengan Komisi I DPR RI di...
HomePolitikTia Rahmania Batal jadi Anggota DPR karena Dipecat PDIP

Tia Rahmania Batal jadi Anggota DPR karena Dipecat PDIP

Jakarta, CNN Indonesia — Tia Rahmania, anggota DPR terpilih untuk periode 2024-2029 dibatalkan pelantikannya sebagai anggota DPR pada 1 Oktober mendatang setelah diberhentikan dari keanggotaan PDIP.

Hal ini terungkap dalam surat Keputusan KPU nomor 1368 tahun 2024 yang ditandatangani oleh Ketua KPU RI Mochamad Afifudin pada 23 September 2024. Dalam surat tersebut, posisi Tia digantikan oleh Bonnie Triyana sebagai peraih suara terbanyak kedua setelah Tia.

“Bonnie Triyana. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Menggantikan calon terpilih atas nama Tia Rahmania, M.Psi., Psikolog. (peringkat suara sah ke I, nomor urut 2). Tia Rahmania, M.Psi., Psikolog. tidak lagi memenuhi syarat menjadi anggota DPR karena yang bersangkutan diberhentikan dari anggota Partai,” bunyi keterangan dalam lampiran surat keputusan KPU tersebut yang dikutip di laman resmi KPU RI.

Tia dalam Pemilu 2024 lalu memperoleh suara tertinggi di Dapil Banten I Lebak-Pandeglang sebanyak 37.359 suara dari partai PDI Perjuangan. Sementara Bonnie Triyana memperoleh 36.516 suara berada di posisi kedua setelah Tia di caleg PDIP.

Nama Tia baru-baru ini menjadi sorotan setelah mengkritik keras Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron saat berbicara tentang integritas dalam acara Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan bagi Calon Anggota DPR periode 2024-2029 yang diselenggarakan oleh Lemhanas RI.

Tia kala itu menyarankan agar Gufron berkomentar mengenai kasus-kasus yang menjeratnya daripada teori korupsi.

“Mending Bapak bicara kasus Bapak bagaimana Bapak bisa lolos Dewas, Dewan Etik, kemudian di PTUN sukses. Bagaimana kasus Bapak memberikan rekomendasi pada ASN, bagaimana kasus-kasus Bapak yang lain bisa lolos. Mohon maaf Pak, Bapak bukan produk dari kami,” tegas Tia.

Tia kemudian memutuskan untuk keluar dari acara tersebut.

CNNIndonesia.com telah mencoba menghubungi Bonnie Triyana, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, dan Ketua DPP PDIP Ribka Tjiptaning terkait kabar ini. Namun, mereka belum merespons hingga kabar ini diturunkan.

Source link