Prabowo Subianto

HomePolitikJokowi Kukuhkan 76 Anggota Paskibraka yang Bertugas di Upacara IKN

Jokowi Kukuhkan 76 Anggota Paskibraka yang Bertugas di Upacara IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengukuhkan 76 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas pada upacara peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Upacara pengukuhan dimulai dengan lagu Indonesia Raya. Kemudian, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi memimpin pembacaan Ikrar Putra-Putri Indonesia.

“Aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku untuk mengamalkan semua pengakuan ini dalam karya hidupku sehari-hari. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati niatku ini dengan taufik dan hidayah-Nya serta inayah-Nya,” kata Yudian diikuti para anggota Paskibraka di Istana Negara, IKN, Selasa (13/8).

Setelah itu, Jokowi mengukuhkan 76 anggota Paskibraka 2024. Jokowi mendoakan agar pemuda-pemudi itu dilancarkan dalam bertugas pada upacara peringatan HUT kemerdekaan tahun ini.

“Dengan memohon rida Allah Yang Maha Kuasa, dengan ini saya kukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka tingkat pusat tahun 2024 yang akan bertugas di Istana Negara Ibu Kota Nusantara pada tanggal 17 Agustus 2024,” ujar Jokowi.

Jokowi melanjutkan proses pengukuhan dengan penyematan lencana secara simbolis. Ia memberikan lencana kepada perwakilan Sumatera Utara Violetha Agryka.

Setelah prosesi selesai, Jokowi berkeliling menyalami 76 anggota Paskibraka. Dia mengucapkan selamat dan doa kepada mereka yang akan bertugas.

Upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan akan digelar di Istana IKN tahun ini. Upacara akan digelar dengan tata upacara militer dan dipimpin oleh Presiden Jokowi selaku inspektur upacara.

Upacara akan dimulai pukul 11.00 WITA dan disiarkan langsung ke seluruh penjuru negeri. Istana Merdeka Jakarta juga akan menerima pejabat dan tamu negara yang akan ikut upacara dari jarak jauh. (dhf/tsa)

Source link