Prabowo Subianto

HomePolitikPemerintah Klaim Persiapan Upacara HUT RI di IKN Sudah 90 Persen

Pemerintah Klaim Persiapan Upacara HUT RI di IKN Sudah 90 Persen

Pemerintah mengklaim persiapan upacara peringatan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, sudah lebih dari 90 persen. Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong yakin pada 17 Agustus 2024, semuanya sudah siap.

“Waktu kami berkunjung ke sana bisa dikatakan 90 persen lebih sudah selesai. Tinggal merapikan saja, jadi tanggal 17 Agustus sudah siap,” kata Usman yang berkunjung ke IKN dua hari lalu dalam Polemik MNC Trijaya, Sabtu (10/8).

Usman mengatakan pembangunan IKN sudah dihentikan sementara mulai hari ini. Pemerintah fokus pada persiapan upacara HUT RI. Dia menuturkan pemerintah masih menunggu konfirmasi kehadiran para tamu undangan, seperti para presiden terdahulu dan duta besar. Dia belum menyebutkan siapa saja presiden yang sudah pasti hadir.

Namun, Usman menjelaskan para duta besar rencananya berangkat dari Jakarta ke IKN setelah sidang MPR/DPR/DPD yang diikuti Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 16 Agustus. Para tamu akan menginap di Balikpapan dan menggunakan bus pengangkut (shuttle) menuju IKN.

Perjalanan dari Balikpapan ke IKN kata Usman bisa ditempuh sekitar satu jam lewat jalan tol. “Tamu undangan tidak semua menginap di IKN, tetapi lebih banyak di Balikpapan. Nanti dari Balikpapan akan naik shuttle ke IKN,” katanya.

Pada tahun ini, upacara peringatan HUT RI digelar di dua tempat, yakni di IKN dan Istana Merdeka, Jakarta. Upacara kemiliteran digelar di IKN, sementara hiburan rakyat digelar di Istana Merdeka. Jokowi dan presiden terpilih Prabowo Subianto akan mengikuti upacara di IKN. Sedangkan Wakil Presiden Ma’ruf Amin wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka upacara di Jakarta. (fby/tsa)

Source link