Prabowo Subianto

HomeBeritaPrabowo Mengirimkan 40 Nakes TNI ke Gaza

Prabowo Mengirimkan 40 Nakes TNI ke Gaza

Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto telah mengirimkan 40 personel tenaga kesehatan (nakes) TNI untuk misi kemanusiaan ke Jalur Gaza yang saat ini sedang mengalami pengeboman oleh penjajah Israel.

Rencananya, 25 personel nakes TNI yang terdiri dari dokter, perawat, bidan, dan tenaga medis lainnya akan ditugaskan di Floating Hospital Persatuan Emirat Arab untuk misi kemanusiaan di Gaza. Mereka dijadwalkan akan diberangkatkan pada tanggal 9 Agustus mendatang, sementara sisanya akan bergabung mengikuti perkembangan keamanan.

Pelaksanaan penugasan nakes TNI ini diperkirakan akan berlangsung selama empat bulan di wilayah El Arish, Mesir, dengan tetap memperhatikan perkembangan situasi di lapangan.

Menurut Menhan Prabowo, situasi yang terjadi di Gaza, Timur Tengah, sangat menunjukkan kesedihan kemanusiaan. Oleh karena itu, Prabowo menekankan pentingnya solidaritas dan kemanusiaan dari bangsa Indonesia untuk membela semangat kemerdekaan dan hak untuk hidup serta menentukan nasib sendiri tanpa penindasan.

Prabowo juga mengucapkan terima kasih atas kesediaan para personel nakes TNI yang bersedia berjuang dalam misi kemanusiaan tersebut.

Pada acara pembekalan, Direktur Jenderal Strategi Pertahanan (Dirjen Strahan) Kemhan RI Mayjen TNI Ujang Darwis juga menjelaskan bahwa 25 personel nakes TNI pertama akan bertugas di kapal rumah sakit terapung milik Uni Emirat Arab di El Arish, Mesir. Sedangkan, keberangkatan selanjutnya akan dilakukan jika situasi di RS lapangan di Rafah dianggap aman bagi personel TNI.

Seluruh 40 tenaga kesehatan TNI yang akan dikirim ke Gaza terdiri dari dokter spesialis dan perawat dari TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara. Mereka telah menjalani latihan pratugas selama 5 hari di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI di Sentul, Kahupaten Bogor, Jawa Barat.

Prabowo juga telah meninjau langsung fasilitas RS terapung milik UAE di El Arish dan mendapat laporan positif mengenai fasilitas kesehatan dan akomodasi yang disediakan. Selama acara pembekalan, Prabowo memberikan arahan kepada para nakes TNI tersebut secara tertutup.

Sumber: https://news.republika.co.id/berita/shuli5393/prabowo-berangkatkan-40-nakes-tni-ke-gaza