Prabowo Subianto

HomePolitikPKS Respons Gelombang Kritik Buntut Usung Bobby Nasution di Sumut

PKS Respons Gelombang Kritik Buntut Usung Bobby Nasution di Sumut

Jakarta, CNN Indonesia — Politikus PKS Tifatul Sembiring menepis sejumlah kritik yang dilontarkan terhadap partainya usai mendukung Bobby Nasution untuk maju sebagai cagub Sumut di Pilkada 2024.

Tifatul mengklaim dukungan PKS kepada Bobby telah sesuai dengan garis perjuangan partai dan bukan karena tergiur iming-iming politik.

“Ada yang menuduh PKS mendukung politik dinasti lah, suul khotimah, tergiur dana dan sebagainya. Bukan begitu saudara-saudaraku. Insya Allah PKS tidak berubah,” kata Tifatul melalui cuitan di akun resminya @tifsembiring, Rabu (7/8).

“Cita-cita menegakkan keadilan dan meratakan kesejahteraan, berkhidmat untuk rakyat senantiasa kami perjuangkan,” sambungnya.

Lebih lanjut, Tifatul menjelaskan konstelasi politik di Indonesia sangat dinamis. Ia menyinggung PKS yang dulu mendukung Edy Rahmayadi di Pilkada Sumut 2018 dan kini telah berbeda kubu.

“Dulu 2018, Edy Rahmayadi melawan cagub PDIP. Sekarang 2024 beliau minta diusung PDIP. Ini realitas politik kita,” ujar dia.

Di sisi lain, Tifatul pun mengakui PKS sempat berkomunikasi intens dengan Edy untuk diusung sebagai cagub memperebutkan kursi Sumut 1. Namun, kata dia, PKS tetap membutuhkan partai koalisi lain untuk memenuhi syarat pencalonan Edy di Pilkada Sumut.

Sementara itu, Tifatul menjelaskan PDIP yang digadang-gadang akan mengusung Edy tak kunjung memberikan kepastian dukungan.

“Jadi kami minta Pak Edy agar berusaha mencari partai lain hingga mencapai 20%, agar bisa mengusung beliau. Nah, pak Edy mengatakan bahwa PDIP sudah oke,” tutur dia.

“Namun, sampai lebih kurang 4 kali penundaan, bahkan sampai hari ini (7/8/2024), PDIP belum memberikan SK cagub kepada pak Edy. Belum ada kepastian, dan siapa cawagubnya. Jadi PKS Sumut harus menunggu sampai kapan?” imbuhnya.

Atas kondisi ini, Tifatul pun meminta maaf jika terjadi kesalahpahaman imbas keputusan dukungan PKS kepada Bobby.

“Bagi yang kurang berkenan dengan pilihan PKS, silakan memilih pasangan cagub-cawagub yang lain,” ujar dia.

Sebelumnya, PKS telah resmi mendukung Bobby dan Bupati Asahan, Surya sebagai cagub-cawagub di Pilkada Sumut 2024.

Bobby yang juga Mantu Presiden Jokowi itu memborong dukungan dari delapan partai politik untuk maju di Pilgub Sumut antara lain Golkar, Gerindra, PAN, Demokrat, PKB, NasDem, PPP, dan PKS.

Source link