Prabowo Subianto

HomePolitikGunung Ibu Erupsi 2 Kali, Semburkan Abu Vulkanik hingga 2 Km

Gunung Ibu Erupsi 2 Kali, Semburkan Abu Vulkanik hingga 2 Km

Gunung Api Ibu di Halmahera, Maluku Utara, kembali erupsi dua kali pada Sabtu (29/6) malam. Tinggi kolom abu dari erupsi tersebut berkisar antara 1.200 hingga 2.000 meter di atas puncak Gunung Ibu. Erupsi pertama terjadi pada pukul 21.30 WIT dan erupsi kedua terjadi pada pukul 23.07 WIT.

Menurut laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM, erupsi pertama berlangsung selama sekitar 3 menit 19 detik dengan amplitudo maksimum 28 mm. Sementara itu, erupsi kedua berlangsung selama 2 menit 40 detik dengan amplitudo maksimum yang sama.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Ibu, Gradita Trihadi, mengatakan bahwa erupsi tersebut menghasilkan awan abu vulkanik berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat laut. Saat ini, Gunung Api Ibu masih berstatus Siaga atau Level III.

PVMBG juga meminta warga untuk tidak melakukan aktivitas di dalam radius empat kilometer dan perluasan sektoral hingga lima kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara Gunung Ibu. Selain itu, masyarakat dihimbau untuk menghadapi hujan abu dengan menggunakan masker dan kacamata saat beraktivitas di luar.

Source link