Prabowo Subianto

HomeOtomotifBekas pabrik gula disulap jadi rest area unik di Banjaratma KM 260B

Bekas pabrik gula disulap jadi rest area unik di Banjaratma KM 260B

Jakarta (ANTARA) – Rest area adalah fasilitas yang disediakan di sepanjang tepi jalan tol sebagai tempat istirahat bagi pengendara dan penumpang. Rest area juga dilengkapi dengan layanan pengisian bahan bakar (SPBU), masjid, minimarket, tempat makan, toilet, ATM, dan bahkan di beberapa tempat sudah tersedia pengisian daya mobil listrik (SPKLU).

Di tol Trans Jawa, khususnya Jawa Tengah, terdapat rest area unik yang dulunya adalah pabrik gula. Lokasinya berada di ruas tol Pejagan-Pemalang KM 260 B, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Rest area ini merupakan salah satu bangunan bersejarah bekas pabrik gula di Banjaratma. Setelah pabrik gulung tikar pada tahun 1997, kompleks pabrik gula tersebut dijadikan cagar budaya. Rest area pabrik gula Banjaratma kemudian direvitalisasi menggunakan bangunan lama namun dengan fungsi yang disesuaikan.

Mengenal rest area bekas pabrik gula, rest area bekas pabrik gula di daerah Banjaratma mulai dioperasikan sejak 17 Maret 2019. Tempat ini dikenal sebagai “Rest Area Heritage” karena menggunakan bangunan kuno yang direnovasi menjadi rest area ikonis dengan gaya retro. Pabrik gula Banjaratma awalnya dibangun oleh N.V. Cultuur Maatschappij, sebuah perusahaan perkebunan yang berpusat di Amsterdam, Belanda.

Pabrik gula ini memiliki lahan seluas 10,5 hektar dan menghasilkan gula termurah pada masa Kolonial Verslag. Namun, pada tahun 1997, pabrik ini harus berhenti beroperasi karena biaya yang tinggi. Setelah pabrik gulung tikar, bangunan tersebut kemudian dijadikan cagar budaya dan direvitalisasi menjadi rest area.

Fasilitas rest area Heritage Banjaratma KM 260B termasuk tipe A dengan fasilitas lengkap. Fasilitas yang tersedia antara lain area parkir yang luas, masjid, SPBU, ATM, minimarket, food court, UMKM pembelanjaan oleh-oleh khas Brebes, toilet umum, wisata edukasi untuk anak-anak, seperti taman botani dan kebun binatang mini, serta wahana bermain anak-anak.

Referensi:
https://www.antaranews.com/berita/3002357/tersedia-kamar-mandi-modern-di-rest-area-banjaratma-brebes
https://www.antaranews.com/berita/2999277/infrastruktur-publik-diwajibkan-beri-ruang-promosi-umkm-30-persen
https://www.antaranews.com/berita/3764313/kdtn-gandeng-ptpp-bangun-hotel-di-rest-area-km-260b-banjaratma-brebes

Penulis: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024

Source link