Prabowo Subianto

HomeOlahragaSebelum ke PON XXI, Ini Beberapa Rekomendasi Tempat Wisata di Aceh

Sebelum ke PON XXI, Ini Beberapa Rekomendasi Tempat Wisata di Aceh

TATIYE.ID (SPORT) – Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 akan digelar pertama kali di dua Provinsi yakni Aceh dan Sumatera Utara. Ditetapkannya dua daerah ini sebagai venune PON bukan tanpa pertimbangan yang panjang, bahkan salah satunya adalah pertimbangan kawasan wisata yang dinilai dapat membuat duta-duta olahraga dari semua Provinsi terkesima nantinya.

Nah, sebelum semua duta PON dari 34 Provinsi terbang ke Aceh dan Sumatera Utara, yuk cari tahu tempat-tempat wisatanya. Apalagi Aceh dikenal memiliki banyak tempat wisata yang masih alami dan bersejarah.

Ya, selain indah, ternyata banyak tempat wisata di Aceh yang tergolong relatif murah bahkan ada yang dapat dinikmati secara gratis. Lalu apa saja tempat wisata di Aceh yang cocok untuk dinikmati selama perhelatan PON XXI nanti?. Berikut beberapa tempat wisata yang dapat menjadi rekomendasi!

1. Museum Tsunami Aceh
Tempat wisata pertama di Aceh adalah Museum Tsunami Aceh. Museum bersejarah yang dibuat untuk mengenang korban dan yang selamat dari bencana gempa dan tsunami Samudra Hindia pada tahun 2004 atau sekitar 20 tahun lalu sekaligus tempat penampungan darurat jika terjadi lagi.

Bertempat di Jalan Iskandar Muda, Banda Aceh, Provinsi Aceh. Museum ini dibuat sekaligus sebagai pusat pendidikan yang membawakan cerita mulai dari bencana itu terjadi hingga pemulihan pasca bencana, serta berdamainya Indonesia dengan GAM melalui kesepakatan Helsinki.

2. Masjid Raya Baiturrahman
Selanjutnya adalah Masjid Raya Baiturrahman, Masjid yang dibangun pada 1879. Merupakan masjid terbesar dan termegah di Banda Aceh sekaligus menjadi saksi sejarah dari tragedi bencana tsunami di tahun 2006.

Masjid bertembok putih dan memiliki 7 kubah, 7 menara, hingga menara setinggi 35 m ternyata juga punya kubah-kubah raksasa seperti di Masjidil Haram Mekkah yang terbuka untuk memayungi jemaah yang datang khusus di hari Jumat untuk pelaksanaan sholat Jumat.

3. Pantai Ulee Lheue
Kemudian adalah Pantai Ulee Lheue. Pantai pasir putih dengan ombak kecil dan tenang cocok untuk mandi dan bermain anak-anak.Terdapat juga wahana bebek kayuh/becak air dan disediakan banyak jajanan makanan dan minuman di sekitar sehingga menjadikan suasana santai semakin lengkap.

4. Pantan Terong
Pantan Terong, merupakan sebuah bukit dengan dek observasi di dataran tinggi yang menawarkan panorama yang disertai danau hingga pantai. Pengunjung dapat melihat pemandangan alam yang asri dan pesona Kota Takengon dari puncak atas. Tempat yang indah dan sejuk hingga kebersihan yang terjaga menjadikan objek wisata ini ramah dikunjungi bersama keluarga maupun teman.

5. Museum Aceh
Museum Aceh adalah Museum yang menyajikan pameran budaya dan sejarah Aceh, termasuk karya seni dan manuskrip hingga rumah tradisional.Terdapat beberapa bangunan, salah satunya rumah khas aceh & terdapat situs cagar budaya makam Raja-Raja Dinasti Bugis.

6. Danau Lut Tawar
Danau Laut Tawar, atau biasanya disebut Danau Lut Tawar oleh masyarakat Gayo. Danau yang terhampar dikelilingi pegunungan akan menjadi pemandangan inti jika detikers sedang berada di Laut Tawar.Pengunjung juga bisa ikut berenang merasakan kesejukan air danau yang sangat jernih.

7. Puncak Gunung Geurutee
Puncak Gunung Geurutee merupakan tempat di atas gunung yang menyuguhkan panorama pemandangan yang eksotis. View lautan dapat dinikmati sambil berhenti di penatapan, di sini sangat cocok untuk spot foto.(*)

Artikel Sebelum ke PON XXI, Ini Beberapa Rekomendasi Tempat Wisata di Aceh pertama kali tampil pada Tatiye.id.

Source link