Prabowo Subianto

HomeBeritaAnggota Kongres AS Boyong Boikot Pidato Netanyahu, Reaksi Mengejutkan dari Tlaib

Anggota Kongres AS Boyong Boikot Pidato Netanyahu, Reaksi Mengejutkan dari Tlaib

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menghadiri rapat Kabinet di Bible Lands Museum di Yerusalem, pada 5 Juni 2024.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, memberikan pidato di depan Kongres AS pada hari Rabu (24/7/2024) waktu setempat. Pidato ini menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak politikus AS dan Israel.

Senator AS Bernie Sanders enggan menghadiri pidato Netanyahu di depan Kongres. Sanders mengeluarkan pernyataan yang merinci alasan mengapa dia tidak ingin hadir, termasuk menyebut Netanyahu dan Yahya Sinwar sebagai penjahat perang.

Sanders juga menegaskan bahwa pemerintahan sayap kanan dan ekstremis Netanyahu tidak seharusnya menerima dukungan finansial dari pembayar pajak AS untuk melanjutkan tindakan penghancuran yang tidak manusiawi di Gaza.

Beberapa anggota kongres lainnya juga mengikuti sikap Sanders untuk tidak menghadiri pidato Netanyahu. Salah satunya adalah Senator Patty Murray, yang enggan datang karena mendorong gencatan senjata di Gaza.

Murray sejatinya duduk di bangku belakang Netanyahu yang akan berpidato, menggantikan Kamala Harris yang juga tidak menghadiri acara tersebut. Murray menganggap penting untuk mencapai gencatan senjata di Jalur Gaza sesegera mungkin.

Sumber: Republika