Prabowo Subianto

HomeGaya HidupKetahui 5 Cara Mencuci Seprai Bahan Sutra Agar Tidak Rusak

Ketahui 5 Cara Mencuci Seprai Bahan Sutra Agar Tidak Rusak

Langgam.id – Seprai sutra terkenal dengan kelembutannya sehingga bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak. Namun, bahan ini juga cukup sensitif dan membutuhkan perawatan khusus. Selain bikin warna seprai memudar, kesalahan waktu mencuci juga bisa membuat seprai mudah robek.

Untuk itu, dikutip dari berbagai sumber simak beberapa cara mencuci seprai sutra berikut ini.

  1. Pastikan memakai deterjen lembut

Bahan sutra cukup halus. Jadi, kamu perlu memakai deterjen lembut supaya tidak merusak serat sutra. Pilih deterjen yang bebas dari pemutih dan enzim agar kain sutra bisa lebih tahan lama.

2. Cuci dengan air dingin

Air panas bisa menyebabkan serat sutra mengkerut dan rusak. Untuk itulah, kamu perlu menghindari mencuci memakai air panas. Lebih baik gunakan air dingin supaya bisa mempertahankan warna asli seprai.

3. Pisahkan seprai dari bahan tekstil lainnya

Untuk menghindari gesekan yang berlebihan, pastikan kamu mencuci seprai sutra terpisah dari bahan tekstil lainnya. Masukkan seprai ke dalam air dingin, tambahkan deterjen lembut, lalu rendam selama 10-15 menit. Setelah itu, gosok dengan lembut dan bilas hingga bersih.

Cara lainnya adalah memakai mesin cuci dengan mode lembut atau delicate. Namun, kamu perlu memakai kantong cuci jaring untuk menjaga serat sutra supaya tidak rusak.

4. Jangan peras seprai dan menggantungnya di jemuran

Setelah dicuci, hindari memeras seprai sutra karena bisa merusak seratnya. Selain itu, jangan menggantung seprai di atas jemuran karena bisa membuat kain jadi lebih melar. Sebagai gantinya, kamu bisa menggulung seprai dalam handuk bersih untuk menyerap kelebihan air. Cukup letakkan seprai di antara dua handuk, lalu tekan-tekan dengan lembut untuk menghilangkan air.

5. Hindari menjemurnya di bawah sinar matahari

Paparan sinar matahari langsung yang bisa menyebabkan warna pudar dan serat menjadi rapuh. Oleh karena itu, lebih baik keringkan seprai sutra di tempat yang teduh dan berventilasi baik.

Yuk rawat seprai sutra di rumah dengan baik supaya tahan lama. Nah, kamu bisa membeli berbagai perlengkapan tidur berkualitas, dari bantal hingga selimut hanya di toko resmi online INFORMA melalui ruparupa. Dapatkan promo dan penawaran menarik setiap belanja di sini.

Source link