Prabowo Subianto

HomeOtomotifGWM tutup kantor pusatnya di Jerman akibat penjualan tidak stabil

GWM tutup kantor pusatnya di Jerman akibat penjualan tidak stabil

Pabrikan otomotif asal China, Great Wall Motors (GWM) telah resmi menetapkan untuk menutup kantor pusat mereka yang berada di Jerman secara permanen dan telah memutuskan untuk mem-PHK seluruh staf, termasuk tim manajemen.

Pemberhentian operasi di Jerman akan dimulai pada akhir Agustus, di mana 100 karyawan akan diberhentikan dan semua karyawan serta mitra perusahaan sudah diberitahu terlebih dahulu. Meskipun ada berita buruk, Great Wall mengeluarkan pernyataan mengenai komitmennya terhadap pasar Eropa dan mengakui pentingnya penyesuaian di tengah situasi pasar yang tidak stabil.

CarsCoops melaporkan bahwa keputusan ini diambil karena adanya masalah penjualan yang menunjukkan ketidakpuasan bagi perusahaan.

Pada tahun 2023, Great Wall berhasil menjual sebanyak 316.018 unit di pasar luar negeri, namun hanya sekitar 6.300 unit yang terjual di pasar Eropa. Mereka juga telah menunda target penjualan 1 juta mobil di luar Tiongkok hingga tahun 2030 karena kondisi pasar yang sulit.

Pada bulan November 2023, Great Wall Motors mengumumkan penggabungan merek Ora dan Wey menjadi satu unit GWM, serta mengubah nama produk mereka sesuai dengan perubahan tersebut.

Meskipun rencana ekspansi ke beberapa negara Eropa pada tahun 2024 sudah direncanakan, namun karena kurangnya respons dari konsumen, rencana tersebut telah dibatalkan.

Namun, GWM akan tetap menghormati perjanjian kemitraan yang sudah ada di Jerman, Inggris, Irlandia, dan Swedia. Dengan penutupan kantor di Eropa, manajemen keseluruhan akan dilakukan secara langsung dari kantor pusat GWM di Baoding, Tiongkok.

Source link