Prabowo Subianto

HomePolitikGunung Semeru Erupsi 20 Kali, Tinggi Abu Vulkanik Capai 700 Meter

Gunung Semeru Erupsi 20 Kali, Tinggi Abu Vulkanik Capai 700 Meter

Gunung Semeru di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur mengalami erupsi terus-menerus sebanyak 20 kali, Selasa (11/6). Petugas pos pengamatan mencatat erupsi terjadi sejak pukul 00.08 WIB hingga 20.11 WIB. Sebagian besar erupsi Gunung Semeru tidak bisa terpantau secara visual karena tertutup kabut, namun erupsi yang terjadi pada pukul 16.30 WIB dapat terpantau ketinggian letusannya.

“Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari Selasa, 11 Juni 2024, pukul 16.30 WIB dengan tinggi kolom letusan teramati sekitar 700 meter di atas puncak atau 4.376 meter di atas permukaan laut,” kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru, Sigit Rian Alfian.

Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 23 mm dan durasi 109 detik. Awan panas dan guguran lava pijar masih terjadi di Gunung Semeru, namun jarang teramati secara visual karena cuaca yang berkabut. Tingkat aktivitas Gunung Semeru tetap pada Level III atau Siaga dengan rekomendasi sesuai potensi ancaman bahaya.

Masyarakat diimbau agar tidak melakukan aktivitas di sektor tenggara sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 kilometer dari puncak, serta tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai sepanjang Besuk Kobokan. Warga juga dilarang beraktivitas dalam radius lima kilometer dari kawah atau puncak Gunung Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu.

Selain itu, potensi awan panas, guguran lava, dan lahar harus diwaspadai di sepanjang aliran sungai atau lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru. Terutama di sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, Besuk Sat, serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.

Source link