Prabowo Subianto

HomeTeknologiKartu SIM Terkunci PUK, Cek Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kartu SIM Terkunci PUK, Cek Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kartu SIM terkunci PUK membuat penggunanya bingung. Hal ini dikarenakan pengguna tidak dapat menggunakan ponselnya seperti biasa. Pengguna harus mengetahui cara membuka kunci tersebut.

Sebelumnya, pahami terlebih dahulu apa itu PUK. PUK merupakan singkatan dari Personal Unblocking Key, yang merupakan kode keamanan.

SIM card di ponsel dapat terkunci atau terblokir jika terlalu banyak memasukkan nomor pin yang salah, setidaknya lebih dari 3 kali. Biasanya ini terjadi ketika pengguna lupa nomor PIN ponsel atau bermain-main dengan kode PUK.

Jika terlalu sering memasukkan kode PUK, SIM card bisa terblokir secara permanen. Untuk mengatasi hal ini, pengguna dapat memanfaatkan kode PUK dari operator seluler masing-masing.

Untuk kartu AXIS, pengguna dapat mengakses kode PUK melalui aplikasi AXISnet. Sedangkan untuk kartu Telkomsel, pengguna dapat melihatnya melalui aplikasi MyTelkomsel.

Bagi pengguna kartu XL, mereka juga dapat mengetahui kode PUK melalui layanan *123# di ponsel.

Jika cara di atas tidak berhasil, pengguna dapat mempertimbangkan untuk mengganti SIM card baru. Meskipun solusi ini membutuhkan adaptasi dengan kontak baru, namun pengguna dapat menggunakan ponsel dengan lancar kembali.

Dengan mengetahui penyebab kartu SIM terkunci PUK dan cara mengatasinya, pengguna dapat kembali menggunakan ponsel dengan normal.

Source link