Prabowo Subianto

HomePolitikBEM Universitas Brawijaya Protes UKT Naik, Minta Menteri Nadiem Turun

BEM Universitas Brawijaya Protes UKT Naik, Minta Menteri Nadiem Turun

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur telah mengirimkan surat protes kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim mengenai kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Selain surat, BEM UB juga memberikan raket dan bola pingpong kepada Nadiem.

“Surat terbuka dan raket pingpong adalah bentuk sarkasme yang melabelkan pemerintah dan kampus sedang melakukan politik pingpong nasib anak bangsa,” kata Presiden BEM UB Satria Naufal. Surat ini dikirim setelah mahasiswa melakukan demonstrasi kepada Rektorat Universitas Brawijaya terkait kenaikan UKT.

Kenaikan golongan UKT bagi calon mahasiswa baru UB 2024 melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) telah menimbulkan keresahan. Protes tersebut juga dilakukan melalui video animasi di akun Instagram BEM UB, menampilkan Nadiem dan pihak UB sedang bermain pingpong. BEM UB menuntut pencabutan peraturan terkait kenaikan UKT, audit terhadap peraturan yang mengikat kenaikan UKT, dan pencabutan pernyataan yang merendahkan marwah perguruan tinggi.

Source link