Prabowo Subianto

HomePolitikAlasan Bobby Nasution Lantik Topan Ginting Jadi Pj Sekda Medan

Alasan Bobby Nasution Lantik Topan Ginting Jadi Pj Sekda Medan

Medan, CNN Indonesia — Wali Kota Medan Bobby Nasution resmi melantik Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga Bina Konstruksi (SDABMBK) Kota Medan Topan Ginting menjadi Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan. Alasannya, Topan disebut memiliki pengalaman yang luas dalam memimpin Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Medan.

Bobby sebelumnya sempat mengangkat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Medan Benny Sinomba Siregar yang merupakan pamannya sendiri sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekda Medan. Akan tetapi, penunjukan Benny tersebut mendapat sorotan tajam dari publik.

“Pemilihan Pak Topan sebagai Pj Sekda punya banyak pertimbangan, semua pertimbangan itu menunjukkan Pak Topan untuk bisa saling monitoring beberapa program-program utama,” ujar Bobby usai Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Jabatan Pj Sekda Kota Medan di Kantor Pemko Medan, Senin (13/5).

Menantu dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ini menilai Topan bisa melakukan konsolidasi dengan instansi terkait di Pemko Medan, Pemprov Sumatera Utara hingga Pemerintah Pusat.

“Salah satunya dari OPD yang beliau pimpin untuk bisa konsolidasikan bukan hanya di tingkat Kota Medan, tapi juga koordinasikan dengan provinsi, kementerian, maupun pemerintah pusat,” ungkap Bobby.

Dalam kesempatan itu, Bobby turut menyinggung penunjukan Benny Sinomba Siregar menjadi Plh Sekda Medan karena kepepet lantaran saat itu memasuki masa cuti kerja. Sebab, proses pengajuan Pj Sekda memerlukan mekanisme persetujuan dari Pj Gubernur Sumatera Utara.

“Saya sudah sampaikan penunjukan Plh kemarin itu karena masa cuti saya mepet karena Pak Wiriya dilantik sebagai Pj Bupati Deli Serdang dilantik hari Senin, saya harus berangkat cuti kemarin. Jadi, menunjuk Plh untuk menunggu kemarin pengajuan Pj itu harus ada dari Pak Gubernur. Untuk masalah kinerja, kinerja kita di sini selain bisa menilai orang per orang, nanti bisa keseluruhan dengan kerja tim,” akunya.

(ryn/isn)

Source link