Prabowo Subianto

HomePolitikStatus Tanggap Darurat Erupsi Gunung Ruang Diperpanjang hingga 14 Mei

Status Tanggap Darurat Erupsi Gunung Ruang Diperpanjang hingga 14 Mei

Penjabat Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara, Joi Eltiano Bernadin Odoh memperpanjang status tanggap darurat setelah Gunung Ruang kembali erupsi. Perpanjangan status tanggap darurat berlangsung selama 14 hari, mulai tanggal 30 April hingga 14 Mei 2024.

Erupsi Gunung Ruang terjadi hari ini dan aktivitas vulkanis gunung tersebut berada pada level IV atau awas. Dampak dari erupsi ini akan dibebankan kepada APBD dan APBN 2024.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM melaporkan bahwa erupsi Gunung Ruang terjadi pada Selasa pagi dengan tinggi kolom abu mencapai ± 5000 m di atas puncak. Masyarakat di sekitar Gunung Ruang diminta tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 7 km dari pusat kawah aktif.

Masyarakat di Pulau Tagulandang yang berada dalam radius 6 km diminta untuk dievakuasi ke tempat aman di luar kawasan rawan bencana. Selain itu, mereka juga disarankan untuk menggunakan masker agar terhindar dari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernafasan.

Source link