Prabowo Subianto

HomeBeritaPersamaan Prinsip Indonesia dan Turki dalam Permasalahan Palestina

Persamaan Prinsip Indonesia dan Turki dalam Permasalahan Palestina

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi (kiri) memberikan keterangan pers bersama Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan (kanan) di Ankara, Turki, pada Rabu (1/5/2024).

ANKARA — Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan Indonesia dan Turki memiliki prinsip yang sama dalam menanggapi isu Palestina. Palestina menjadi perhatian utama dalam pertemuan bilateral antara Menlu Retno dengan Menlu Turki Hakan Fidan di Ankara pada Rabu (1/5/2024).

“Posisi Indonesia sangat jelas. Kami ingin selalu membela kemanusiaan dan keadilan bagi Palestina, bagi rakyat Palestina,” kata Retno dalam keterangannya yang disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri RI.

Dalam merespons konflik Israel di Gaza, Retno mengatakan Indonesia mendukung gencatan senjata yang segera dan berkelanjutan serta akses pengiriman bantuan kemanusiaan yang lancar dan tanpa hambatan. Indonesia juga menegaskan kembali dukungannya terhadap proses perdamaian yang kredibel menuju solusi dua negara dan keanggotaan penuh Palestina di PBB.

“Pada bulan Februari 2024, saya menyampaikan pernyataan lisan saya di hadapan Mahkamah Internasional sebagai salah satu upaya lain untuk mendukung Palestina. Indonesia akan menggunakan segala cara untuk mendukung Palestina,” ujar Retno.

Diskusi antara Retno dan Fidan juga mencermati peran negara-negara Selatan sebagai pembangun jembatan dan penentu agenda dalam forum multilateral serta sebagai pendukung tata kelola global yang adil. “Sebagai penutup, sekali lagi, Indonesia berharap dapat memanfaatkan pengaruh strategisnya untuk berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat, kesejahteraan dunia, dan umat manusia secara lebih luas,” kata Retno.

Indonesia dan Turki adalah dua negara berkembang terkemuka dengan populasi Muslim yang besar dan pengaruh strategis di wilayah masing-masing. Kedua negara juga merupakan anggota G20, OKI, serta forum konsultatif MIKTA bersama dengan Meksiko, Korea Selatan, dan Australia.

sumber: Antara

Sumber: Republika (https://internasional.republika.co.id/berita/scuk57488/menlu-retno-indonesia-dan-turki-berbagi-prinsip-yang-sama-soal-palestina)