Prabowo Subianto

HomeTeknologiBrowser Extension WhatsApp Web, Keamanan Lebih Terjaga

Browser Extension WhatsApp Web, Keamanan Lebih Terjaga

Ekstensi Browser WhatsApp Web bertujuan untuk meningkatkan keamanan layanan pesan ini. Bahkan sebelumnya, pengembang WhatsApp telah merilis dukungan versi beta multi-device sekaligus.

Kehadiran aplikasi beta ini dapat meningkatkan jumlah login WhatsApp Web. Ekstensi browser ini disebut Code Verify. Tujuan utamanya adalah untuk memastikan keamanan versi WhatsApp Web dengan enkripsi end-to-end.

Meskipun WhatsApp sudah memiliki dukungan multi-device dan jumlah login meningkat, namun kelemahannya adalah terhadap serangan siber. Oleh karena itu, Code Verify menjamin tingkat keamanan dengan aplikasi resmi di Android, Windows, dan iOS.

Ekstensi Browser WhatsApp Web sangat sederhana. Meta menggunakan kode verifikasi ini bekerja sama dengan Cloudflare, perusahaan infrastruktur dan keamanan web. Keunggulan Cloudflare adalah menyediakan verifikasi kode independen yang lebih transparan terkait kode WA Web.

Ekstensi ini tidak menciptakan metode keamanan baru. Hanya dengan membandingkan kode hash yang diunggah dan disajikan ke Cloudflare untuk memastikan keamanan. Jika semuanya aman, percakapan akan dilanjutkan.

Ketika pengguna memasukkan kode verifikasi, ekstensi browser akan membandingkan kode tersebut dengan versi kode verifikasi WhatsApp yang dipublikasikan di Cloudflare. Jika tidak cocok, pengguna akan diberi tahu.

WhatsApp Web memudahkan pengguna untuk mengakses layanan pesan melalui perangkat desktop. Namun, penggunaan web tidak selalu aman karena risiko penipuan. Oleh karena itu, WhatsApp menawarkan ekstensi browser untuk memastikan keamanan.

Untuk mengaktifkan ekstensi browser WhatsApp Web, pengguna hanya perlu mengakses Web Chrome, menelusuri Code Verify, dan menekan tombol “Tambahkan ke Chrome”.

Ekstensi ini hanya berfungsi untuk Chrome, Edge, dan Mozilla Firefox. Pengguna akan mendapatkan indikator warna untuk mengetahui status aktivitas mereka.

Indikator warna hijau menunjukkan validasi kode yang berhasil, sementara orange menunjukkan masalah jaringan, dan merah menunjukkan kegagalan verifikasi sumber.

Penggunaan browser extension WhatsApp Web dijamin aman dan tidak akan mengganggu privasi pengguna. Ekstensi ini juga sudah terenkripsi end-to-end seperti aplikasi seluler, sehingga tidak ada yang bisa melihat pesan WhatsApp tanpa izin pengguna.

Source link