Prabowo Subianto

HomePolitikHari Kartini Jadi Lambang Perjuangan Perempuan

Hari Kartini Jadi Lambang Perjuangan Perempuan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat Hari Kartini melalui akun media sosial resminya. Melalui akun Instagram resmi, Jokowi menyatakan bahwa Hari Kartini adalah peringatan akan perjuangan perempuan dalam mencapai kesetaraan.

“Hari Kartini adalah peringatan akan perjalanan panjang perempuan dalam menemukan kesetaraan,” tulis Jokowi pada hari Minggu (21/4).

Ia juga mengajak masyarakat untuk melihat Hari Kartini sebagai simbol perjuangan perempuan dalam mencapai kepemimpinan dan kekuatan yang dimiliki.

“Marilah kita jadikan Hari Kartini bukan hanya sebagai seremoni, tetapi sebagai simbol perjuangan perempuan dalam kepemimpinan dan kekuatan yang mereka miliki. Selamat Hari Kartini bagi semua perempuan Indonesia,” tambahnya.

Dalam unggahannya, Jokowi juga membagikan video pendek yang menampilkan ilustrasi wajah R.A Kartini dengan tulisan ‘Habis gelap terbitlah terang. Selamat Hari Kartini.’

Hari Kartini diperingati setiap tanggal 21 April untuk memperingati hari lahir R.A Kartini yang merupakan salah satu pahlawan nasional. Kartini dikenal karena perjuangannya dalam memperjuangkan kesetaraan gender dan hak pendidikan bagi perempuan.

Peringatan Hari Kartini yang disahkan oleh Presiden Sukarno pada 2 Mei 1964, menetapkan Kartini sebagai pahlawan nasional. Kumpulan surat Kartini dengan sahabatnya yang berkewarganegaraan Belanda juga dibukukan dengan judul “Habis Gelap Terbitlah Terang”, di mana Kartini menuliskan gagasannya tentang nasionalisme dan perempuan.

Source link