Prabowo Subianto

HomeTeknologiCara Mengatasi Layar HP Buram Tanpa ke Tempat Service

Cara Mengatasi Layar HP Buram Tanpa ke Tempat Service

Cara mengatasi layar HP yang buram cukup mudah dan cepat sehingga tidak perlu repot membawa ponsel ke tempat service. Metode sederhana untuk mengatasi masalah ini bisa dengan membersihkan layar HP dan mengatur kecerahannya.

Bisa juga dengan merestart ponsel, hingga mengecek kondisi fisik layar. Tutorial HP yang simpel dan mudah untuk mengatasi masalah layar ini pun bisa diterapkan baik untuk ponsel Android maupun iPhone.

Cara Mengatasi Layar HP Buram, Bersihkan Layar hingga Cek Kondisi Fisiknya

Layar ponsel yang terlihat buram tentu harus segera diatasi karena masalah ini akan sangat mengganggu para pemiliknya ketika sedang menggunakannya. Sebab jika tampilannya buram maka pemilik tidak akan bisa melihat tampilan pada ponsel dengan jelas. Sehingga pada akhirnya akan mengganggu kenyamanan. Ada banyak cara untuk memperbaiki layar ponsel yang buram, berikut adalah beberapa caranya yang mudah dan tidak memakan waktu lama:

Bersihkan Permukaan

Layar ponsel yang terlihat buram bisa saja terjadi karena permukaan yang kotor karena debu, minyak, maupun kotoran lainya dari tangan. Cara untuk mengatasinya yaitu membersihkan permukaan layar HP menggunakan kain lembut atau tisu kering dengan menghisapnya perlahan. Bisa juga memanfaatkan sedikit air bersih atau bahan pembersih seperti alkohol untuk membantu menghilangkan kotoran yang membandel dan keras.

Atur Kecerahan

Cara mengatasi layar HP buram laiinya dengan mengatur kecerahan atau brightness agar tampilan ponsel bisa kembali terlihat semakin jelas. Tampilan ponsel memang bisa terlihat buram dan tidak jelas terutama saat kondisi terang karena pengaturan kecerahan layarnya yang terlalu rendah. Oleh sebab itu, naikkan kecerahan. Namun pastikan untuk tidak menggunakan kecerahan yang terlalu tinggi karena bisa membuat baterai cepat habis.

Restart Ponsel

Restart atau mulai ulang memang menjadi solusi paling mudah yang cukup ampuh untuk mengatasi berbagai masalah atau gangguan pada ponsel. Karena itu, ketika tampilan ponsel tiba-tiba menjadi buram maka cobalah untuk merestart ponsel dengan cara umum seperti biasanya. Bisa juga dengan mematikan ponsel selama beberapa menit lalu hidupkan kembali dan lihat apakah sudah kembali jernih atau belum.

Periksa Pengaturan Mode Daya

Beberapa ponsel memiliki mode hemat daya yang mengurangi kinerja layar untuk menghemat baterai. Pastikan ponsel Anda tidak berada dalam mode semacam itu jika tidak diperlukan.

Cara Mengatasi Layar HP Buram dengan Update Sistem Operasi Ponsel

Cara lainnya yang bisa dicoba yaitu dengan memperbarui atau mengupdate sistem operasi ponsel lama ke sistem operasi terbaru jika ada. Dengan mengupdate sistem operasi maka biasanya berbagai masalah pada ponsel seperti lemot dan berbagai gangguan lainya bisa segera menghilang. Karena itu bisa saja masalah tampilan ponsel yang buram bisa segera teratasi sehingga tampilannya akan kembali jernih seperti semula.

Periksa Aplikasi dan Proses yang Berjalan

Beberapa aplikasi atau proses yang berjalan di latar belakang bisa mempengaruhi kinerja ponsel dan menyebabkan buramnya layar. Tutup aplikasi yang tidak perlu atau restart ponsel untuk membersihkan memori.

Cek Kondisi Fisiknya

Kerusakan fisik yang terjadi pada layar ponsel juga bisa menjadi penyebab tampilannya terlihat buram sehingga mengganggu kenyamanan pengguna. Misalnya yaitu ketika permukaannya tergores atau bahkan pecah sehingga bisa menyebabkan cahaya dari HP terganggu dan menghasilkan tampilan buram. Oleh sebab itu, silakan periksa kondisi fisiknya dan segera lakukan perbaikan jika memang ada goresan, pecah, maupun karena mengalami kerusakan lainnya.

Cara Mencegah Layar Ponsel Menjadi Buram

Setelah cara mengatasi layar HP buram berhasil maka penting bagi pengguna untuk selalu merawatnya demi mencegah tampilannya kembali buram. Cara merawat dan mencegah HP buram yaitu dengan menghindari menyentuh dan menggunakan ponsel ketika tangan sedang kotor dan berminyak. Kemudian pemilik ponsel juga harus membersihkan ponsel secara rutin agar tampilannya tetap bersih dan bebas kotoran sehingga nyaman untuk dipandang. Pemilik HP juga harus selalu menggunakan ponsel dengan hati-hati dan memastikan bahwa kondisi layar aman, tidak tergores, maupun pecah.

Jangan lupa pula untuk selalu mengupdate sistem operasi ponsel secara rutin jika memang sudah tersedia sistem operasi versi terbarunya. Dengan begitu maka ponsel bisa terhindar dari masalah layar buram dan masalah lain seperti lemot, overheat, HP mati total, dan lain sebagainya.

Cara mengatasi layar HP buram ini tentunya sangat mudah dan simpel sehingga tidak perlu repot membawa ponsel ke tempat service. Pemilik ponsel bisa mencoba berbagai cara mulai dari membersihkan permukaannya, restart ponsel, update sistem operasi, hingga memperbaiki kerusakan yang ada. Cobalah berbagai cara agar layar HP bisa kembali jernih dan jangan lupa untuk merawatnya dengan benar agar tampilannya tidak kembali buram. (R10/HR-Online)

Source link