Prabowo Subianto

HomePolitikGelapnya Jalur Mudik dan Wisata Lebaran Banten, Disentil Kapolda-DPRD

Gelapnya Jalur Mudik dan Wisata Lebaran Banten, Disentil Kapolda-DPRD

Serang, CNN Indonesia — Polda Banten dan DPRD Banten memperhatikan sejumlah ruas jalan yang gelap, yang membahayakan para pemudik dan masyarakat yang berlibur saat Idul Fitri 2024.

Salah satunya adalah penerangan di jalan arteri dari Kabupaten Tangerang hingga JLS, Kota Cilegon, Banten, menuju Pelabuhan Ciwandan, yang menjadi fokus perhatian. Karena banyak pemudik sepeda motor melintas di sana.

“Karena siang, saya belum melihat kondisi malamnya. Jika gelap saat malam hari, kita akan segera mengingatkan pemerintah kabupaten dan kota,” kata Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim di pos pelayanan mudik Polres Serang, Kamis (4/4).

Saat menyusuri jalur mudik sepeda motor dari Tangerang hingga Kabupaten Serang, Abdul menemukan beberapa titik rawan kemacetan seperti pasar dan bubaran karyawan pabrik.

Kapolda Banten juga meminta para pemudik sepeda motor untuk memanfaatkan pos pelayanan, pos pelayanan, dan kantor Polsek untuk istirahat jika merasa lelah atau mengantuk.

“Dengan adanya beberapa pos pengamanan dan layanan yang dapat digunakan sebagai tempat istirahat, itu dapat menjadi tempat transit, buffer zone, sambil menunggu untuk menghindari penumpukan di Ciwandan,” jelasnya.

DPRD Banten juga menyoroti sejumlah jalur mudik dan wisata yang gelap, meskipun terdapat tiang Penerangan Jalan Umum (PJU).

Anggota DPRD mengatakan bahwa pelayanan dan kenyamanan pemudik harus menjadi prioritas bagi pemerintah, dan mereka akan mengingatkan instansi terkait terkait kondisi tersebut.

“Kita akan berkomunikasi dengan instansi terkait jika kondisi jalan tidak memadai, dan berharap partisipasi Walikota Cilegon karena jalur yang dibahas adalah wilayah Kota Cilegon,” ujar Anggota DPRD Banten asal Fraksi PAN, Dede Rohana Putra.

Menurutnya, kondisi jalan yang baik, rambu lalu lintas yang jelas, dan PJU yang menyala adalah faktor penentu keberhasilan mudik yang ceria, aman, dan nyaman. Kondisi jalan gelap dapat meningkatkan risiko kejahatan dan kecelakaan.

“Pemerintah juga harus memperhatikan pelayanan dan fasilitas penerangan jalan umum agar dapat segera diperbaiki, masih ada waktu untuk melakukan perbaikan sebelum puncak arus mudik pada Sabtu,” tambahnya. (ynd/kid)

Source link