Prabowo Subianto

HomePolitikWarga Sekitar Gudang Peluru TNI Minta Jihandak Sisir Ulang Permukiman

Warga Sekitar Gudang Peluru TNI Minta Jihandak Sisir Ulang Permukiman

Warga sekitar Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) di Ciangsana, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, meminta Tim Kompi Zeni Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) TNI AD menyisir ulang permukiman mereka karena khawatir masih ada sisa granat dan selongsong mortir.

“Mereka berharap adanya pemulihan dari segi materi akibat ledakan tersebut. Saat ini tercatat sebanyak 33 kepala keluarga (KK) yang sudah menyampaikan kerusakan rumahnya,” kata Ketua RW 051 di Klaster Visalia, Fendhi Munawan, Minggu (31/3).

Fendhi juga meminta pemerintah, TNI, atau Sinarmas selaku pengembang Klaster Visalia memberikan program “treatment” kepada masing-masing keluarga yang terdampak. Hal ini dilakukan untuk membantu mengatasi trauma yang dialami warga, khususnya anak-anak.

Pemerintah Kabupaten Bogor mencatat sebanyak 31 rumah mengalami kerusakan terdampak ledakan Gudmurah Kodam Jaya, Desa Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Sabtu (30/3) malam. Pemerintah Kabupaten Bogor memiliki waktu 14 hari dalam melakukan asesmen untuk menentukan langkah-langkah penanganan.

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyebutkan bahwa rumah warga yang terdampak ledakan Gudmurah akan diberikan ganti rugi. Ini dilakukan setelah adanya data dan penilaian kerusakan yang dilakukan oleh aparat teritorial.

Source link