Prabowo Subianto

HomePolitikKaesang, Anak FX Rudy, dan Putri Akbar Tanjung Masuk Bursa Walkot Solo

Kaesang, Anak FX Rudy, dan Putri Akbar Tanjung Masuk Bursa Walkot Solo

Solo, CNN Indonesia — Jelang Pilkada Kota Solo yang akan digelar pada bulan November mendatang, bursa calon wali kota mulai memanas. Belasan nama muncul dalam bursa calon wali kota Solo berdasarkan hasil jajak pendapat lembaga Solo Raya Polling yang dirilis pekan ini. Nama-nama tersebut antara lain adalah Ketua Umum PSI yang juga putra sulung Presiden RI Joko Widodo, Kaesang Pangarep; Ketua DPD Partai Golkar Kota Surakarta yang juga putri politisi senior Akbar Tanjung, Sekar Tanjung; dan Rheo Yuliana Fernandes yang merupakan putra Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Peneliti Solo Raya Polling, Suwardi mengatakan lembaganya melakukan jajak pendapat terhadap 19 tokoh masyarakat asal Solo. Dari jajak tersebut, muncul 12 nama kandidat peserta Pilwalkot Solo yang akan digelar pada bulan November 2024 mendatang.

Selain tiga nama tersebut, yang lainnya adalah KGPAA Mangkunegara X Bhre Cakrahutomo Wira Sujiwo atau Gusti Bhre, Sekretaris Daerah Kota Surakarta Budi Murtono, Ketua FKUB HM Mashuri, dan Rektor UNSA Astrid Widayani. Selain itu, terdapat juga politikus PKS Sugeng Riyanto yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Surakarta, Wakil Wali Kota Solo yang juga kader PDIP Teguh Prakosa, Ketua DPRD Solo Budi Prasetya, Bapilu PDIP Solo Her Suprabu, hingga anggota DPR RI RA Yashinta Sekarwangi Mega yang merupakan putri politikus PDIP Aria Bima.

Suwardi menjelaskan bahwa Solo Raya Polling memilih 19 tokoh dari berbagai kalangan untuk jajak pendapatnya. Metode jajak pendapat tersebut melibatkan berbagai kalangan seperti politisi, akademisi, pengusaha, budayawan, pemangku kebijakan keuangan, LSM, pelaku industri bidang pariwisata, tokoh pemuda, dan tokoh keraton.

Jajak pendapat dilakukan selama sepuluh hari dengan empat pertanyaan kepada para responden. Mereka ditanya tentang tantangan Solo ke depan setelah kepemimpinan Gibran, karakteristik yang diperlukan untuk memimpin Kota Solo, dan siapa yang memenuhi kriteria tersebut. Selain itu, juga ditanyakan siapa yang kemungkinan masuk dalam bursa calon pemimpin Kota Solo.

Suwardi menegaskan bahwa jajak pendapat tersebut merupakan tahap awal untuk menentukan nama-nama yang akan masuk dalam survei yang lebih luas. Responden survei dipilih dari warga Solo yang sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024. Solo Raya Polling akan menggunakan sampling menurut metode ilmiah untuk mewakili populasi dengan baik.

Pilkada Kota Solo akan digelar serentak dengan pilkada lain di Indonesia pada 27 November mendatang. Saat ini, Wali Kota Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Wali Kota Teguh Prakosa masih menjabat sebagai kepala daerah Solo. Gibran juga menjadi peserta Pilpres 2024 sebagai cawapres nomor 2 berpasangan dengan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto. Berdasarkan hitung cepat (quick count) dan real count KPU, Prabowo-Gibran unggul atas peserta Pilpres 2024 lainnya.

Source link