Prabowo Subianto

HomeBeritaJokowi dan PM Selandia Baru akan Bertemu di Melbourne untuk Membahas Hubungan...

Jokowi dan PM Selandia Baru akan Bertemu di Melbourne untuk Membahas Hubungan Bilateral yang Lebih Lanjut

Perdana Menteri Selandia Baru Christopher Luxon berencana untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Melbourne, Australia dalam waktu dekat untuk membahas hubungan bilateral antara kedua negara. “Saya pribadi akan bertemu dengan Presiden Indonesia di Melbourne,” kata Luxon saat menerima kunjungan Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Gedung Parlemen Selandia Baru, Selasa (27/2/2024).

Luxon menyampaikan terima kasih atas masukan dari Wapres Ma’ruf yang diharapkan dapat meningkatkan hubungan diplomatik antara RI dan Selandia Baru ke depan. Indonesia dan Selandia Baru telah menjalin kemitraan komprehensif sejak tahun 2018, dengan Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan peran dan kerja sama di berbagai bidang.

PM Luxon menjadi Perdana Menteri Selandia Baru pada 27 November 2023 setelah partainya, National Party, mengalahkan Labour Party yang berkuasa selama beberapa tahun terakhir. Dalam pertemuan dengan Wapres Ma’ruf di Gedung Parlemen Selandia Baru, Ma’ruf menyampaikan dukungan Selandia Baru dalam memperkuat peran Indonesia di Forum Negara Kepulauan Pasifik.

Ma’ruf juga menekankan pentingnya kerja sama ekonomi, perdagangan, dan jaminan produk halal antara kedua negara. Selain itu, ia melihat perlunya kerja sama di bidang sosial dan budaya melalui kontak antar masyarakat guna memelihara toleransi di tengah masyarakat yang beragam.

Di akhir pertemuan, Ma’ruf menyatakan niatnya untuk bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Selandia Baru guna meningkatkan kerja sama kedua negara. Duta Besar RI Wellington juga menyebutkan bahwa Selandia Baru di bawah kepemimpinan PM Luxon memiliki fokus pada sektor perdagangan.