Prabowo Subianto

HomeBeritaPM Spanyol Mengutuk Standar Ganda Barat, Mendukung Ukraina dan Menolak Gaza

PM Spanyol Mengutuk Standar Ganda Barat, Mendukung Ukraina dan Menolak Gaza

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengutuk standar ganda negara Barat dalam menghadapi konflik di Gaza dan Ukraina.

WASHINGTON — Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez pada Rabu (10/7/2024) mendesak Negara Barat untuk menolak “standar ganda” dalam menyikapi konflik di Gaza, Palestina. Dia mendesak agar negara Barat bersikap konsisten dalam mendukung Ukraina dan Gaza.

“Jika kami menyatakan dukungan kami terhadap Ukraina atas dasar hukum internasional, maka kita harus melakukan hal yang sama terhadap Gaza,” ujar Sanchez dalam KTT NATO ke-75 di Washington, Amerika Serikat (AS), sebagaimana dilaporkan oleh WAFA pada Jumat (12/7/2024).

Pemimpin Spanyol itu menegaskan pentingnya adanya “sikap politik yang konsisten” tanpa adanya standar ganda. Sanchez mengatakan bahwa dunia harus bersatu untuk menghentikan krisis kemanusiaan yang mengerikan di Palestina.

Dia juga menyerukan agar Barat memimpin upaya untuk mengadakan konferensi perdamaian internasional guna mendukung pembentukan negara Palestina. “Kita harus segera mencapai gencatan senjata yang mendesak,” tambah Sanchez.

Selama ini, negara-negara Barat seperti Eropa dan AS telah mengutuk agresi Rusia terhadap Ukraina namun juga membela agresi Israel terhadap warga Gaza, Palestina.

Sumber: Republika.