Prabowo Subianto

Visi Indonesia untuk Tahun 2045: Kondisi untuk Kemajuan dan Kemakmuran

Oleh: Prabowo Subianto Rekan-rekan Indonesiaku, jika Anda hanya bisa mengambil satu hal dari buku ini, maka haruslah ini: Sebagai bangsa, kita harus segera mencapai pertumbuhan...
HomeBeritaUni Eropa Mengadopsi Paket Bantuan Rp 2 Triliun untuk Palestina

Uni Eropa Mengadopsi Paket Bantuan Rp 2 Triliun untuk Palestina

Komisi Eropa telah mengadopsi paket bantuan sebesar 118 juta euro atau setara Rp 2 triliun untuk Otoritas Palestina. Dana tersebut akan digunakan untuk membayar gaji pegawai negeri dan pensiunan di Tepi Barat serta tunjangan sosial bagi keluarga rentan.

Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen, mengatakan Uni Eropa siap untuk terus membantu Otoritas Palestina dalam jangka panjang. “Kami sedang mempertimbangkan paket jangka menengah yang lebih luas untuk tahun depan guna berkontribusi pada stabilitas ekonomi dan politik di Gaza dan Tepi Barat, ketika kondisi di lapangan memungkinkan, sebagai bagian dari upaya internasional yang lebih luas untuk menerapkan kembali solusi dua negara,” ungkap von der Leyen pada Jumat.

Pada tahun 2024, Uni Eropa juga telah menyisihkan 125 juta euro dalam bentuk bantuan kemanusiaan untuk penduduk Palestina di Jalur Gaza. Josep Borrell, Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, mengatakan bahwa krisis pangan di Gaza sudah mencapai tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya sejak dimulainya agresi Israel pada 7 Oktober 2023.

“Ini adalah perkembangan yang serius dan harus menjadi peringatan bagi seluruh dunia untuk bertindak sekarang guna mencegah bencana kemanusiaan yang mematikan,” kata Borrell.

Organisasi Human Rights Watch (HRW) menuduh Israel telah secara sengaja membuat penduduk sipil di Jalur Gaza kelaparan. HRW mengisyaratkan bahwa Israel menggunakan kelaparan sebagai senjata dalam serangannya ke Gaza.

Sumber: Republika (https://internasional.republika.co.id/berita/s62n85370/uni-eropa-adopsi-paket-bantuan-rp-2-triliun-untuk-palestina)