Prabowo Subianto

Sisi lain dari Prabowo Subianto – prabowo2024.net

Prabowo Subianto adalah seorang penyayang binatang, ayah yang sangat mencintai anaknya, pembaca, penulis, dan olahragawan. Namun, di atas semua itu, Prabowo adalah seorang kesatria...
HomeBeritaPembangkit Nuklir Terbesar Dunia di Jepang Siap Kembali Beroperasi

Pembangkit Nuklir Terbesar Dunia di Jepang Siap Kembali Beroperasi

Pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Jepang yaitu Kashiwazaki-Kariwa di Kashiwazaki, prefektur Niigata, akan kembali beroperasi pada bulan April 2021. Pada Rabu, 27 Desember 2023, regulator keselamatan nuklir Jepang mencabut larangan operasional yang sebelumnya diberlakukan pada Tokyo Electric Power Company Holdings, juga dikenal sebagai TEPCO, operator di belakang pabrik Fukushima. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk melanjutkan persiapan untuk memulai kembali pabrik Kashiwazaki-Kariwa setelah penghentian selama 12 tahun.

TEPCO bertekad membawa PLTN terbesar di dunia itu kembali online setelah pemotongan anggaran operasional. Namun, untuk memulai kembali operasi PLTN, persetujuan dari prefektur Niigata, di pinggir pantai Laut Jepang, diperlukan.

Dengan kapasitas 8.212 megawatt, PLTN ini sudah offline sejak 2011, ketika terjadi bencana nuklir Fukushima yang menutup seluruh PLTN di Jepang.

Pada tahun 2021, Otoritas Regulasi Nuklir (NRA) Jepang melarang TEPCO mengoperasikan Kashiwazaki-Kariwa karena pelanggaran keselamatan termasuk kegagalan melindungi bahan nuklir dan kesalahan langkah yang menyebabkan anggota staf yang tidak berwenang mengakses area sensitif di PLTN tersebut.

Pada Rabu (27/12/2023), NRA mencabut aksi korektif yang mencegah TEPCO memindahkan bahan bakar uranium ke PLTN atau memuat batang bahan bakar ke reaktornya, sehingga memungkinkan PLTN Kashiwazaki-Kariwa untuk diaktifkan kembali.

Saham TEPCO naik tajam setelah NRA mengindikasikan akan mempertimbangkan mencabut larangan operasionalnya. Pertimbangan tersebut dilakukan setelah NRA melakukan inspeksi ke lokasi dan bertemu presiden TEPCO.

Sumber: Republika (https://internasional.republika.co.id/berita/s6bewh370/pembangkit-nuklir-terbesar-dunia-di-jepang-akan-kembali-beroperasi)