Prabowo Subianto

HomeBeritaIsrael Menerima 230 Pesawat Angkut Militer dari Amerika Serikat untuk Konflik di...

Israel Menerima 230 Pesawat Angkut Militer dari Amerika Serikat untuk Konflik di Gaza

Helikopter Apache Israel menembakkan rudal ke arah Jalur Gaza, terlihat dari Israel selatan, Senin, 25 Desember 2023. Tentara sedang memerangi militan Palestina di Gaza.

ANKARA — Amerika Serikat telah mengirimkan 230 pesawat kargo dan 20 kapal yang mengangkut persenjataan dan peralatan militer ke Israel sejak pecahnya konflik Gaza pada 7 Oktober 2023, menurut media Israel pada Senin (25/12/2023). Bantuan militer AS mencakup peluru artileri, kendaraan lapis baja, dan peralatan tempur yang diperlukan oleh para tentara Israel, lapor surat kabar Yediot Ahronoth.

Kementerian Pertahanan Israel memperkirakan biaya dari perang yang saat ini berlangsung di Jalur Gaza mencapai sekitar 65 miliar shekel (Rp 277,67 triliun). Surat kabar tersebut, mengutip seorang pejabat Kementerian Pertahanan, mengatakan bahwa tentara Israel telah menggunakan sebagian besar amunisi dari gudang-gudang persenjataannya pada awal perang.

“Namun, Israel berhasil mengisi kembali gudang-gudangnya sebagai persiapan menghadapi kemungkinan perang skala besar dengan kelompok Hizbullah Lebanon,” kata surat kabar tersebut.

Setidaknya 489 tentara Israel tewas dalam perang dengan para pejuang Palestina di Jalur Gaza sejak 7 Oktober, menurut angka militer Israel.

Israel memborbardir Jalur Gaza sejak serangan lintas batas oleh Hamas pada 7 Oktober 2023. Serangan Israel itu telah menewaskan sedikitnya 20.424 warga Palestina yang sebagian besar perempuan dan anak-anak, serta melukai 54.036 orang. Sementara itu, sekitar 1.200 warga Israel diyakini tewas dalam serangan Hamas. Serangan Israel juga telah menghancurkan Gaza dan membuat 2 juta orang terpaksa mengungsi di wilayah padat penduduk tersebut dalam kondisi kekurangan makanan dan air bersih. Sumber: antara. Sumber: Republika.