Prabowo Subianto

Pengabdian Prabowo Subianto dalam Pemerintahan

Prabowo, dalam artikel ini, menunjukkan bahwa sebagai Menteri Pertahanan, dia sangat peduli dengan kekuatan pertahanan Indonesia. Dibawah pimpinannya, pembangunan pertahanan Indonesia mengalami peningkatan signifikan...
HomeBeritaDua Kapal Kargo Menuju Israel Diserang Roket oleh Kelompok Houthi di Perairan...

Dua Kapal Kargo Menuju Israel Diserang Roket oleh Kelompok Houthi di Perairan Laut Merah

Kelompok Houthi menyerang dua kapal kargo di Laut Merah menggunakan roket, Jumat (15/12/2023). Kapal bernama MSC Alanya dan MSC Palatium III itu diserang karena disebut sedang berlayar menuju pelabuhan Israel.

Juru bicara militer Houthi Yahya Saree mengungkapkan, MSC Alanya dan MSC Palatium III diserang menggunakan dua roket. Dia mengatakan, serangan dilancarkan setelah kedua awak kapal mengabaikan panggilan dari kelompoknya.

Saree menegaskan kembali bahwa serangan itu merupakan bentuk dukungan Houthi terhadap perjuangan Palestina. “Angkatan bersenjata Yaman mengonfirmasi bahwa mereka akan terus mencegah semua kapal yang menuju pelabuhan Israel untuk berlayar di (Laut Merah) sampai mereka membawa makanan dan obat-obatan yang dibutuhkan saudara-saudara kami yang tabah di Jalur Gaza,” ujarnya.

Pada Jumat kemarin, sebuah kapal kargo berbendera Liberia bernama Al Jasrah turut terbakar di Laut Merah setelah terhantam proyektil yang diluncurkan dari Yaman. Seorang pejabat Amerika Serikat (AS) mengungkapkan, dua roket yang ditembakkan kemungkinan besar berusaha mengenai Al Jasrah. Namun dia menyebut, salah satu roket melebar dan jatuh ke laut, sedang yang lainnya menghantam Palatium III.

Menurut data pelacakan yang dianalisis Associated Press, Palatium III berbalik arah setelah menjadi target penyerangan. Mediterranean Shipping Co (MSC) selaku pemilik kapal belum memberikan keterangan terkait insiden di Laut Merah.

Awal pekan ini, militer AS mengatakan, kelompok Houthi menyerang Motor Tanker STINDA menggunakan rudal jelajah anti-kapal (ASCM) ketika sedang melewati Selat Bab al-Mandeb di Laut Merah pada Senin (11/12/2023). Houthi memang mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu. Houthi mengungkapkan, mereka menargetkan kapal tanker tersebut karena akan mengirimkan minyak mentah ke Israel.

Namun pemilik kapal tanker asal Norwegia itu mengatakan bahwa kapal mereka sedang menuju ke Italia dan tidak berencana berhenti di Israel. Kapal perang AS, USS Mason, sempat menanggapi panggilan dari kapal tanker tersebut dan sempat menuju ke tempat kejadian. Namun USS Mason kemudian pergi setelah diketahui tidak diperlukan bantuan.

Sumber: Republika (https://internasional.republika.co.id/berita/s5rfmt370/dua-kapal-kargo-menuju-israel-diserang-roket-oleh-kelompok-houthi-di-laut-merah)