Prabowo Subianto

HomeBeritaAktivis Israel Diserang Oleh Pemukim Zionis di Tepi Barat Selama Melindungi Warga...

Aktivis Israel Diserang Oleh Pemukim Zionis di Tepi Barat Selama Melindungi Warga Palestina

Di wilayah Tepi Barat, penyerang yang tidak dikenal telah menyerang dua aktivis sayap kiri Israel di desa Al Farisiya, Palestina, dekat pemukiman Israel di Rotem di timur laut Tepi Barat pada Senin (4/12/2023). Salah satu aktivis yang bernama Sasha Povootsky mengalami luka di kepala dan memerlukan evakuasi medis karena mengalami luka memar di wajah dan patah tulang rusuk, sedangkan aktivis lainnya terkena semprotan merica.

Petugas medis melaporkan bahwa Povootsky dibawa ke Pusat Medis Emek di kota utara Afula dan menjahit luka di kepalanya. Saat ini, polisi Israel sedang menyelidiki insiden tersebut, tetapi belum menangkap satu pun tersangka.

Serangan itu terjadi ketika para aktivis tidur di rumah warga Palestina di desa Al Farisiya, dekat pemukiman Rotem di timur laut Tepi Barat. Warga telah berulang kali mengalami intimidasi dan ancaman dari pemukim dalam beberapa bulan terakhir.

Povootsky menceritakan bahwa sekitar pukul 02.00 saat mereka sedang tidur bersama dua aktivis lainnya, mereka mendengar suara-suara dari sebuah bukit dekat rumah keluarga Palestina. Aktivis yang bersama Povootsky menelepon dan mengatakan bahwa ada traktor datang dan mulai membalikkan batu. Povootsky pergi ke sana dan melihat sebuah traktor melaju di sisi ke sisi dalam kegelapan, di sampingnya ada beberapa orang yang kemudian diidentifikasikan sebagai pemuda pemukim.

Wajah para pemuda tersebut terlihat meski mereka mengenakan hoodies sehingga sulit untuk diidentifikasi. Mereka melemparkan batu ke rumah keluarga dan bahkan mendekati pintu depan. Aktivis lainnya mendekati mereka dan membuat mereka takut.

Povootsky melihat salah satu pemukim menyemprot matanya dengan merica secara langsung, di bawah kacamata. Dia terjatuh ke tanah sambil berteriak kesakitan, dan pria di sebelahnya memukulnya.

Menurut Povootsky, dia berusaha melindungi temannya dengan tubuhnya. Mereka terus dilempari dengan batu, dan kemudian orang yang menyemprot temannya dengan merica mulai menendang Povootsky. Pada saat itu, darah mulai mengalir ke mana-mana.

Povootsky mengatakan, ketika mereka memanggil paramedis dan polisi, para penyerang melarikan diri. Dia mengenali salah satu penyerang dari serangan lain yang terjadi sekitar sebulan lalu. Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan, ada laporan aktivis diserang oleh pemukim. Militer mengatakan, pasukan tiba di lokasi setelah insiden tersebut berakhir. Polisi mengatakan, setelah menerima laporan tentang kasus tersebut, penyelidikan dibuka untuk menemukan kebenaran.

Sejak pecahnya perang di Gaza, para aktivis sering tidur di Al Farisiya karena ancaman yang datang dari pemukim. Beberapa anggota masyarakat telah meninggalkan desa untuk sementara waktu karena ancaman tersebut.

Beberapa komunitas Palestina telah meninggalkan rumah mereka karena ancaman dari pemukim di balik perang. Menurut data dari kelompok hak asasi manusia B’tselem, sejak dimulainya perang, 16 komunitas Palestina telah meninggalkan rumah mereka karena ancaman dan kekerasan pemukim. Sumber: Republika